Toleransi dalam Beragama

08/11/2019

Radikalisme merupakan ideologi yang sangat berbahaya bagi bangsa yang plural. Kemunculan ideologi radikalisme akan mengakibatkan bangsa yang memiliki pluralitas etnis, agama dan kepercayaan sulit membangun dirinya. Sebagai bangsa yang plural, Indonesia menyadari bahayanya radikalisme. Oleh karena itu, sejak awal pendiriannya, bangsa Indonesia sudah mengenal “Bhinneka Tunggal Ika” sebagai semboyan bangsa untuk menangkal radikalisme.

Meskipun secara umum, ideologi radikalisme tidak memiliki akar yang kuat dalam budaya bangsa, akan tetapi kasus-kasus radikalisme seringkali bermunculan. Bahkan menggiring opini internasional bahwa Indonesia punya masalah serius terkait persoalan radikalisme. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk menangkal radikalisme dan merawat toleransi.

Buku ini disusun untuk membahas masalah toleransi dalam Islam dan realitasnya di lapangan. Dari buku ini bisa disimpulkan bahwa toleransi adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Islam dan pemeluknya. Oleh karena itu, kekhawatiran terhadap radikalisme dalam Islam sangat tidak beralasan. Wallahu A’lam.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *