Keinovatifan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat dibutuhkan sebagai salah satu faktor menghasilkan mutu lulusan yang berkualitas untuk mendukung terwujudnya pencapaian tujuan organisasi pendidikan. Demikian pun kemajuan pendidikan sangat bergantung pada kepemimpinan guru yang kreatif dalam mencari sumber pembelajaran yang lebih baik, membuat alat media dan mendesain kelas yang bisa menjadikan pemahaman peserta didik memahami pelajaran.
Seorang guru PAUD dinilai mempunyai keinovatifan yang tinggi apabila memiliki tiga dimensi perilaku yaitu (1) dimensi inovasi produk, (2) dimensi inovasi proses, dan (3) dimensi inovasi penerapan produk. Dimensi inovasi produk meliputi penciptaan ide baru dan perbaikan produk pembelajaran. Dimensi inovasi proses meliputi cara dalam membuat produk pembelajaran dan implementasi hasil penemuan. Dimensi inovasi penerapan produk meliputi peningkatan daya tarik produk pembelajaran dan sosialisasi produk pembelajaran baru. Bila keinovatifan dan kepemimpinan guru dalam PAUD ini dikelola dengan baik maka budaya organisasi dan motivasi kerja akan tercipta dengan baik melalui kepemimpinan transformasional.
No Comments