Pembelajaran membaca berbasis strategi metakognitif PQ4R adalah suatu model pembelajaran yang dikembangkan untuk guru dengan melalui tahapan-tahapan perencanaan, monitoring, dan evaluasi pada saat melakukan aktivitas membaca. Siswa membutuhkan pembelajaran membaca yang ideal dengan berbasis strategi metakognitif PQ4R: Preview, Question, Read, Reflect, Recite & Review. Keenam tahapan aktivitas tersebut kemudian disusun berdasarkan tahapan kegiatan prabaca, baca, dan pascabaca.
Kegiatan belajar mengajar merupakan suatu aktivitas yang dilaksanakan oleh guru dan siswa untuk mewujudkan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan sebagaimana tercantum dalam kurikulum dan silabus. Dalam proses belajar mengajar, terdapat beberapa unsur atau komponen penunjang yang harus disiapkan anatara lain: tujuan pembelajaran, bahan bacaan yang akan digunakan, metode dan strategi yang digunakan, sistem sosial, evaluasi pembelajaran, dan sistem pendukung.
Untuk mewujudkan kegiatan pembelajaran membaca berbasis strategi metakognitif yang kondusif harus didukung oleh sistem sosial atau suasana pembelajaran membaca yang tenang, terkontrol, dan bermakna. Suasana ini akan tercipta jika guru dapat memosisikan diri sebagai pembimbing, motivator, dan evaluator yang baik. Model ini dari sudut pandang ahli menunjukkan sangat berarti sehingga layak digunakan untuk pembelajaran membaca.
No Comments