Model Learning Community Melalui Pembelajaran Membaca Berbasis Lesson Study

18/10/2018

Kemajuan suatu bangsa terlihat dan terukur salah satunya dari kebiasaan masyarakatnya dalam membaca. Pada bangsa yang telah maju cenderung masyarakatnya tergolong literat yaitu masyarakat yang gemar membaca atau sudah terbiasa menggunakan waktu dalam kesehariannya untuk membaca. Bangsa Indonesia masih jauh disebut sebagai masyarakat literat.

          Untuk mengantisipasi hal tersebut, pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan yaitu pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang diberlakukan secara nasional. GLS dilakukan di sekolah-sekolah dengan meminta para siswanya membaca dan menuliskan apa yang sudah dibaca pada gambar sebuah pohon yang di Jawa Barat dikenal dengan istilah pohon geulis. Pohon tempat menyimpan ide-ide pokok dari apa yang siswa baca.

          Kurangnya pemahaman para guru dalam menerapkan strategi dan metode membaca, termasuk minat dan motivasi siswa dalam membaca masih rendah dalam membaca. Penulisan buku ini diharapkan adanya peningkatan dan pemahaman bacaan untuk mengomunikasikan hasil baca kiranya dapat terus dilakukan menjadi sebuah gerakan membangun komunitas belajar. Model learning community siswa melalui pembelajaran membaca berbasis lesson study yang dikembangkan dalam tulisan ini merupakan perancangan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran membaca.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *