Komunikasi Pembelajaran dalam Perspektif Al-Qur’an

10/08/2018

Komunikasi pembelajaran yang efektif antara guru dengan siswa akan menumbuhkan perubahan pada diri siswa. Oleh karena itu, membangun komunikasi pembelajaran yang efektif merupakan tugas utama seorang guru. Komunikasi yang efektif, artinya guru dan siswa sama-sama memahami apa yang dikomunikasikan, dan bagaimana mengomunikasikannya. Selain itu, guru dan siswa memahami sejauh mana kinerjanya dalam pembelajaran.

Guru pada hakikatnya adalah pembelajar senior yang harus mentransformasikan pengalaman belajarnya pada pembelajar junior (siswa). Guru harus membantu berbagai kesulitan yang dihadapi oleh para pembelajar junior, demikian juga antar siswa dengan siswa lainnya.

Dalam perspektif Islam, seseorang hendaknya berkomunikasi dengan rambu-rambu sebagai berikut: (1) Berbicara sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, (2) Berkomunikasi dalam menegakan kebaikan dan ketakwaan, (3) Berkomunikasi dalam menegakan amar ma’ruf dan nahi munkar, (4) Bersikap ramah dan pemaaf dalam berkomunikasi, (5) Dilarang berkomunikasi dengan cara berbuat ghibah, dan (6) Berkomunikasi harus memiliki komitmen yang tinggi, tidak asal-asalan.

Buku ini membahas tentang hakikat komunikasi pembelajaran, baik dalam perspektif umum dan perspektif Islam. Tujuan utama adalah memberikan masukan untuk para guru dalam melaksanakan pembelajaran. Sehingga tujuan pembelajaran untuk menghasilkan manusia yang beriman dan bertakwa dapat tercapai. Amin.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *