Model Kompetitif Pengembangan Usaha Mikro dengan Pembiayaan Mudharabah

04/06/2018

 Permasalahan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berkaitan dengan modal usaha. Seperti dijelaskan oleh Director of Bank Licensing and Banking Information Department of Bank Indonesia (BI), bahwa belum semua elemen masyarakat mampu menjangkau layanan perbankan dan lembaga keuangan. Informasi yang minim, membuat masyarakat sulit untuk mengakses pembiayaan dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR). Sementara pertumbuhan perbankan syariah cukup pesat sejalan dengan perkembangan lembaga keuangan mikro. Hal ini merupakan perannya untuk menyalurkan dana khususnya pada sektor UMKM.

Lembaga Keuangan Mikro (LKM) diperlukan untuk memenuhi pembiayaan yang dibutuhkan oleh usaha kecil bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah. Satu diantara lembaga keuangan mikro syariah yang memberikan pembiayaan pada usaha mikro dan kecil adalah Baitul Maal wat Tamwil (BMT). BMT merupakan lembaga ekonomi masyarakat yang bertujuan memberi dukungan terhadap kegiatan ekonomi rakyat bawah dan kecil berasaskan syariat Islam. Ada dua inti kegiatan usaha BMT yaitu Baitul Maal dan Baitul Tamwil. Selain unit simpan pinjam, BMT juga dapat secara langsung bergerak dibidang usaha sektor riil, seperti toko serba ada, peternakan, perikanan, jasa wartel, ekspor-impor, kontraktor leveransir dan lainnya. Baitul Maal adalah untuk kegiatan sosial, sedangkan Baitul Tamwil adalah untuk kegiatan mencari laba.

Untuk melakukan kegiatan bisnis secara syariah merupakan bagian dari aktivitas ekonomi syariah. Ekonomi Syariah dari segi asalnya adalah ekonomi Ilahi dan ijtihadi dari segi penerapannya. Dengan ungkapan yang sederhana ekonomi syariah itu menghadapi aktivitas ekonomi dan mengaturnya sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam. Sistem ekonomi Islam ini memiliki nilai-nilai dan karakteristik rabbaniyyah (god oriented), akhlaqiyyah (ethics), al-waqiyyah (realistic), dan progressive, civilized. Salah satu skim pembiayaan ekonomi syariah bagi UKM melalui mudharabah.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *