Pemanfaatan Gas Buang Mesin Combined Heat Power Biomassa Dalam Pendinginan Adsorpsi

18/05/2018

Buku berjudul: “Pemanfaatan Gas Buang Mesin Combined Heat Power Biomassa Dalam  Pendinginan   Adsorpsi”,  merupakan hasil uji performansi imbert gasifier unggun tetap aliran ke bawah yang dilengkapi dengan peralatan penyaring tar dan abu yang terdiri dari tabung pemisah, filter, pendingin gas, akumulator dan cyclon dilaksanakan dengan menggunakan tiga jenis umpan kayu; borneo, asem, dan lamtorogung.

Studi ini dikembangkan untuk mengoptimalkan energi termal yang berasal dari biomassa untuk pembangkit tenaga listrik dan pengering. Dengan bantuan alat penukar kalor, energi gas buang dapat dimanfaatkan untuk pemanas generator mesin pendingin adsorpsi MeOH-silicagel sehingga mampu meningkatkan efisiensi konversi energi sistem gasifikasi. Optimasi rancangan alat penukar kalor dengan batasan energi, suhu, dan laju aliran massa, dapat memberikan pilihan antara diameter pipa dengan koefisien perpindahan panas menyeluruh dan kecenderungan yang sama antara hasil uji dengan hasil pemodelan matematik.

Dari tiga kali pengujian dengan jenis kayu borneo, asem, dan lamtorogung kemudian dilanjutkan dengan analisis kromatografi gas dan analisis proksimat, ultimat serta nilai kalor bahan bakar menghasilkan (1) model matematika yang dibuat sudah memenuhi kesesuaian dengan kondisi hasil pengujian sebenarnya; dan (2) konsumsi pemakaian bahan bakar spesifik terbaik sebesar 0,082 kg/kW-jam dengan ketersediaan energi sebesar 60,9 kW dihasilkan untuk jenis umpan kayu Borneo.

 

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *