Pendidikan Luar Sekolah (Konsep, Teori dan Implementasi)

18/05/2018

Pendidikan Luar Sekolah (PLS) merupakan proses pendidikan sepanjang hayat menuju suatu tujuan, melalui pembinaan dan pegambangan siakap, keterampilan, dan pengetahuan bersadarkan pengalaman hidup sehari-hari dan dipengaruhi oleh sumber belajar yang ada disuatu lingkungan, misalnya orang tua, teman, tetangga, masyarakat, museum, perpustakaan umum, dan sebagainya yang ada di sekitar dan lingkungan masyarakat.

PLS adalah usaha sadar yang diarahkan untuk menyiapkan, meningkatkan dan mengembangkan sumber daya manusia, agar memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap dan daya saing untuk merebut peluang yang terus tumbuh dan berkembang dengan mengoptimalkan penggunaan sumber-sumber yang ada di lingkungan peserta didik atau warga belajar. PLS merupakan suatu proses pendidikan yang sasaran, pendekatan, dan keluarannya berbeda dengan pendidikan sekolah, dan bukan merupakan pendidikan sekolah yang dilakukan di luar waktu sekolah formal.

PLS berperan menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki kebisaan dan siap menghadapi perubahan sebagai akibat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang. Lulusan PLS menjadi manusia terdidik yang dapat berkiprah di masyarakat dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan kebijakan pendidikan nasional.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *