Pedoman Penilaian Jabatan Akademik Dosen UIKA Bogor

22/03/2018

Fungsi pengelolaan sumberdaya manusia yang berada dibawah tanggung jawab Direktorat Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ditjen Sumber Daya pak Iptek dan Dikti, SDID) berdampak pada berubahnya mekanisme pengadministrasian dan penilaian usulan kenaikan Jabatan Akademik Dosen dari sistem offline menjadi online (paperless). Sebagai konsekuensinya, seluruh dokumen karya ilmiah dosen baik artikel dalam jurnal, prosiding, atau karya dosen lainnya harus dapat ditelusuri secara online oleh Tim Penilai Jabatan Akademik Dosen.

Buku ini disusun untuk membantu mengurai standar, tata cara, dan prosedur penilaian jabatan akademik dosen untuk kenaikan jabatan fungsional. Sebagaimana dimaklumi terdapat empat jenjang jabatan fungsional dosen yaitu; Asisten Ahli, Lektor, Lektor Kepala dan Guru Besar. Masing-masing jenjang memiliki persyaratan-persyaratan yang wajib dipenuhi oleh setiap dosen yang akan mengajukan kepangkatannya.

Dengan adanya buku ini, diharapkan setiap dosen khususnya di lingkungan Universitas Ibn Khaldun Bogor dapat memahami berbagai persyaratan yang dibutuhkan untuk mengurus kepangkatannya. Sehingga mereka dapat mempersiapkan diri untuk memperoleh jabatan fungsional tertinggi.

Buku ini juga akan menjadi pedoman bagi pimpinan universitas, fakultas dan program studi serta tim penilai jabatan akademik dosen di lingkungan Universitas Ibn Khaldun Bogor dalam melakukan penilaian. Oleh karena itu, semua pihak agar bisa menggunakan buku ini sebaik mungkin.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *