Kawasan Penelitian Teknologi Pendidikan

20/10/2017

Proses pembelajaran bermakna dalam perspektif teknologi pendidikan sebaiknya dimulai dengan pemecahan masalah dan berpikir mendalam. Pembelajaran harus berorientasi pada peserta didik dengan menggunakan sistem dan sumber belajar dalam arti luas supaya pendidik dan peserta didik secara bersama-sama aktif berinteraksi sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Untuk mengetahui hal tersebut diperlukan penelitian kawasan teknologi pendidikan. Penelitian kawasan teknologi pendidikan akan mengkaji konsep, prinsip, dan domain teknologi pendidikan maupun pembelajaran ditinjau dari: (1) perspektif historis, konstruk teoretik, bidang garapan, profesi, danĀ  implementasinya untuk pembaruan dalam bidang pendidikan maupun pembelajaran (2) teori dan praktek pembelajaran pada kawasan desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan evaluasi proses dan sumber untuk belajar.

Buku ini disusun untuk keperluan para mahasiswa teknologi pendidikan yang dapat memberi kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran, media pembelajaran yang semakin canggih sehingga dapat meningkatkan kinerja peserta didik, pendidik dan institusi pendidikan. Selain itu juga dalam buku ini dijelaskan tentang metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan penelitian tindakan dalam kawasan teknologi pendidikan. Dengan demikian dapat mempermudah perkuliahan metodologi penelitian sebagai salah satu upaya memberi wawasan kepada mahasiswa tentang ilmu metode dan praktik penelitian khususnya dalam kawasan teknologi pendidikan. Dalam konteks teknologi pendidikan, proses pembelajaran terkandung konsep-konsep yang mempengaruhi cara berpikir, bertindak dalam meningkatkan proses dan hasil belajar peserta didik sebagai salah satu indikator kualitas pembelajaran.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *