Dampak COVID-19 yang besar terhadap dunia pendidikan harus ditanggulangi dengan berbagai cara. Buku ini berisi gagasan atau ide terkait penanggulangan masalah belajar terutama bahasa Inggris pada masa pasca pandemi COVID-19. Buku ini membahas upaya-upaya yang dilakukan masyarakat seperti orang tua dan lingkungan sekitar rangka melaksanakan pembelajaran bahasa Inggris yang efektif selama masa pandemi. Gagasan pembelajaran disajikan dengan melihat karakteristik peserta didik yang terdampak COVID-19 serta berbagai teknik pembelajaran berbasis teknologi informasi dan kemadirian. Pendidikan karakter merupakan salah satu penunjang keberhasilan kemadirian dalam belajar. Buku ini disusun berdasarkan penelitian lapangan, telaah literatur dan dokumen, diskusi serta pemikiran para ahli di bidang pengajaran bahasa Inggris. Buku ini terdiri dari hasil penelitian yang mengangkat isue-isue tentang pengajaran bahasa Inggris, pendidikan karakter, pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran yang dapat digunakan sebagai sumber inspirasi dalam menanggulangi permasalahan yang muncul akibat pandemi COVID-19. Semoga buku ini bermanfaat bagi warga kampus Universitas Ibn Khaldun Bogor yaitu dosen dan mahasiswa serta mitra terkait dan masyarakat luas.
No Comments