Pendidikan Qur’an di Masjid Kampung Siglap Singapura

23/11/2022

Sebagai wujud keberadaan Masjid kampung Siglap yang telah menyelenggarakan pendidikan al-Qur’an, para-alumni merupakan bukti nyata pelaksanaan kegiatan tersebut. Para alumni atau bekas murid yang pernah belajar di Masjid Kampung Siglap pun telah Berjaya dan bekerja di berbagai Instansi yang berada di Singapura. Diantara alumni yang dapat memberikan kesaksian adalah Suryadi, beliau menyampaikan bahwa setiap sesi pembelajaran modul dijalankan secara dalam talian dan ini sangat memudahkan para pelajar yang tinggal jauh dari Masjid Kampung Siglap. Sehingga tetap dapat belajar dengan baik dan maksimal. Adapun topik yang diajarkan seputar ulumul qur’an, tajwid dan juga masalah fiqh baik classic hingga fiqh kontemporer. Namun demikian, beliau juga menyarankan untuk diadakan seminar ulumul qur’an bagi masyarakat islam Singapura secara umum supaya ramai dan dapat meraih manfaat dari ilmu tersebut.

Sama halnya yang disampikan oleh Nazurah, bahwa pembelajaran yang dijalankan selama 8 minggu bagi setiap modul yang diadakan namun mendapat manfaat ilmu yang lebih banyak. Dan juga, walaupun mengambil masa selama 2 jam untuk setiap sesinya, pembelajaran berlangsung dalam talian sangat menyenangkan. Dari itulah beliau menyarankan agar mengadakan kursus-kursus al-Qur’an secara dalam talian bagi masyarakat secara umum dan tidak hanya terkait di Masjid Kampung Siglap sahaja, namun dapat lebih ramai manfaat ilmu al-Qur’an.

Kemudian Nurul Sarah Afeefah, meskipun belajar hanya via online, namun amat menjimatkan masa pembelajaran dikelas. Adapun dalam mempelajarinya setiap 2 modul dalam 8 minggu. Setelah itu apa yang didapat didedahkan banyak ilmu al-Qur’an yang mendalam. Nurul pun menginginkan untuk buka peluang pembelajaran online pada orang luar selain warga Singapura, sehingga setiap orang dapat turut serta dalam kursus-kursus Masjid Kampung Siglap. Harapanya Masjid tersebut dapat lebih ramai lagi manfaatnya, aamien.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *