Fundamental Of Strategic Communication: Multidimensional Approach In Reaching Organization-Based Communication
Ekonomi & Bisnis / 10/11/2022

Perkembangan komunikasi semakin berubah peran dan fungsinya. Hal ini dapat dipahami secara bersama agar dapat menciptakan keunggulan tersendiri bagi organisasi maupun perusahaan. Komunikasi berhubungan dengan peran pubic relation sebagai perantara dalam proses komunikasi dari perusahaan ke klien ataupun masyarakat. Media tentunya mendukung proses komunikasi dengan adanya komunikasi yang komprehensif, profil public yang kuat serta dengan memberdayakan sosial media dalam membangun komunikasi strategis. Perencanaan komunikasi strategis didukung adanya piramida perencanaan komunikasi yang meliputi pembahasan terkait nilai infrastruktur komunikasi, pembangunan tujuan, target komunikasi, audiens, kerangka komunikasi yang digunakan serta pesan yang ingin disampaikan. Kanal komunikasi internal memaparkan bagaimana pentingnya komunikasi internal, contoh kanal komunikasi internal serta penggunaan sosial media. Dalam hal ini perlu membangun organisasi yang berbasis komunikasi sehingga tiap-tiap pesan, informasi, prinsip serta nilai-nilai perusahaan dapat tersampaikan dengan baik sehingga dapat tercipta harmonisasi yang mengantarkan organisasi untuk mencapai visi dan misinya.