Budaya Mutu Guru Madrasah Diniyah Takmiliyah Perspektif Kebijakan Pendidikan Nasional
Pendidikan / 20/08/2021

Semakin maju ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya, maka semakin tinggi dan kompetitif kebutuhan masyarakat terhadap mutu pendidikan. Untuk itu kehadiran Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) sebagai lembaga penyedia jasa pendidikan menjadi kebutuhan mutlak di  masyarakat. Seiring dengan kenyataan ini, maka tuntutan masyarakat terhadap budaya mutu guru MDT semakin tinggi sebagai tujuan utama dari aktivitasnya. Impelementasi kebijakan pendidikan yang mengarah pada perbaikan dan pengembangan lembaga MDT akan berdampak pada motivasi berprestasi para guru dalam rangka meningkatkan budaya mutu yang baik. Dengan demikian terciptanya budaya mutu yang baik harus ditingkatkan dengan berbagai macam upaya oleh pemerintah dengan berkoordinasi dengan Kementerian Agama di masing-masing daerah di Indonesia. Buku ini akan mendeskrisikan tentang budaya mutu guru MDT yang dapat dijadikan pedoman oleh pemerintah, para pengelola MDT, dan para guru sebagai komponen yang paling depan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran Bersama para siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah. Pembelian full document e-Book (PDF): Rp20.000,- klik BELI Pembelian full document e-Book (PDF): Rp20.000,- klik BELI    

Pendidikan Agama Islam (Bahan Ajar Aqidah Akhlak) Jilid II- Akhlak
Agama Islam / 20/08/2021

Aqidah merupakan asas dalam melakukan berbagai kegiatan dalam kehidupan bagi seorang muslim, Aqidahlah yang menentukan perbuaan itu dapat berpahala atau tidak, ketiadaan aqidah dalam diri seseorang akan menjadikan dirinya lepas dari belenggu ritualitas keagamaan yang menjadikannya bebas melakukan hal apapun, tentu ini akan menjadikan seseorang sangatlah merugi dalam kehidupannya. Sedangkan akhlak merupakan perilaku kebiasaan yang muncul dalam merespon stimulus yang datang pada jiwa, perbuatan itu menjadi akhlak manakala menetap dan terbiasa dilakukan, jadi bukan perbuatan spontanitas semata, akhlak meruapakan cerminan diri seseorang semakin baik akhlaknya seseorang maka semakin baik tingkah lakunya. Dalam perspektif pengetahuan maka aqidah dan akhlak  sebagai penggerak perbuatan seseorang, dalam istilah umum sering disebutkan “aqidah sebagai akar dan akhlak sebagai buah”. Aqidah yang kuat akan menghantarkan seseorang pada perbuatan yang baik, dan sebaliknya munculnya perilaku yang buruk disebabkan karena aqidahnya lemah. Pembelian full document e-Book (PDF): Rp20.000,- klik BELI Pembelian full document e-Book (PDF): Rp20.000,- klik BELI

Implementasi Penguatan Regulasi dan Hukum di Indonesia (Bookchapter)
Hukum / 16/08/2021

Regulasi dan hukum yang diberlakukan di Indonesia sangat banyak yang berkaitan dengan berbagai aspek hidup dan kehidupan dalam bermasyarakat dan bernegara. Namun implementasi dari regulasi dan penegakkan dari hukum itu sendiri masih lemah, karena dalam  penyusunannya seringkali dipengaruhi oleh kepentingan dan pesanan dari orang-orang yang kurang bertanggungjawab.  Dalam penyusunan regulasi maupun hukum sejak awal naskah akademik hingga proses legislasi di Parlemen banyak pengaruh politik kepentingan. Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor yang diselenggarakan bersama para Guru Besar dan Dosen Ilmu Hukum dari Universitas Islam Asy-Syafiiyah (UIA) – Jakarta, Universitas Islam Indonesia (UII) – Yogyakarta, dan Universitas Pakuan (UNPAK) – ini membahas tentang implementasi penguatan regulasi dan hukum di Indonesia supaya dapat diwujudkan dalam kehidupan masyarakat dan bangsa yang bermartabat.

Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dimasa Pandemi Covid-19 (Bookchapter)
Pendidikan , Teknologi / 15/08/2021

Berbagai upaya yang dilakukan masyarakat dalam pencegahan Covid-19 serta melakukan kegiatan untuk meminimalkan dampaknya dalam kehidupan masyarakat dilihat secara perspektif  Teknologi Pendidikan. Untuk hal tersebut ditawarkan kepada para pendidikguru dan siswa serta masyarakat dengan cara  pembelajaran berbasis teknologi informasi dimasa pandemi Covid-19. Dengan belajar seperti ini diharapkan dapat mencegah mencegah Covid-19 sekaligus dapat meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat melalui  berbagai kegiatan bisnis  dan kewirausahaan. Topik tulisan ini disusun berdasarkan telaah literatur dan dokumen, diskusi serta pemikiran para ahli di bidang  Teknologi Pendidikan. Secara substansial isi buku ini pun dapat diperbaharui dan disesuaikan dengan perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia sesuai dengan hasil  penelitian yang mengangakat isue-isue tentang kewirausahaan yang berkembang pada masa pandemi Covid-19 serta upaya-upaya penanggulangannya melalui pembelajaran berbasis teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan oleh dosen, mahasiswa, mitra dan masyarakat.

Edukasi Pencegahan Covid-19 Melalui Upaya-Upaya Kreatif dan Produktif
Pendidikan / 15/08/2021

Berbagai upaya yang dilakukan masyarakat dalam pencegahan Covid-19 serta melakukan kegiatan untuk meminimalkan dampaknya dalam kehidupan masyarakat dilihat secara perpektif Pendidikan Luar Sekolah sebagai upaya-upaya kreatif dan produktif dalam pencegahan Covid-19 dan peningkatan ketahanan ekonomi masyarakat melalui  berbagai kegiatan bisnis  dan kewirausahaan. Berdasarkan telaah literatur dan dokumen, diskusi serta pemikiran para ahli di bidang Pendidikan Luar Sekolah sebagai salah satu yang dapat dilakukan oleh sivitas akademik bersama masyarakat. Secara substansil,  isi buku ini pun dapat diperbaharui dan disesuaikan dengan perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia. Topi artikel ini hasil Kuliah Kerja Nyata Gagasan Tertulis Mandiri (KKNGTM) yang dilakukan melalui survey dalam penelitian yang mengangakat isue-isue tentang kewirausahaan yang berkembang pada masa pandemi COVID-19 serta upaya-upaya penanggulangannya yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen pembimbing Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor beserta mitra dan masyarakat diberbagai daerah.

Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Daring Dimasa Pandemi Covid-19 (Bookchapter)
Bahasa , Pendidikan / 15/08/2021

Pembelajaran Bahasa Inggeris melalui sistem daring yang dilakukan oleh guru dan siswa, selain untuk memproses belajar dan mengajar juga sebagai upaya-upaya yang dilakukan masyarakat dalam pencegahan Covid-19 serta melakukan kegiatan untuk meminimalkan dampaknya dalam kehidupan masyarakat dilihat secara perpektif  Pendidikan Bahasa Inggris. Upaya-upaya pencegahan dan peningkatan ketahanan ekonomi masyarakat ini juga dilakukan melalui  berbagai kegiatan bisnis  dan kewirausahaan. Artikel ini disusun berdasarkan telaah literatur dan dokumen, diskusi serta pemikiran para ahli di bidang Pendidikan Bahasa Inggris pun dapat diperbaharui dan disesuaikan dengan perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia. Artikel hasil KKNGTM yang terdiri dari berbagai topik hasil penelitian ini mengangakat isue-isue tentang Pendidikan Bahasa Inggeris secara daring yang dilakukan oleh siswa bersama para guru, juga mengangkat issue-isue kewirausahaan yang berkembang pada masa pandemi COVID-19 yang dilakukan oleh para orangtua siswa untuk mempertahankan perekonomian sebagai salah satu penunjang belajar siswa.

Survei Reformasi Birokrasi Persepsi Pelayanan Publik Persepsi Anti Korupsi di Lingkungan BKKBN
Laporan / 15/08/2021

Reformasi Birokrasi (RB) telah menjadi kebijakan nasional sejak diterbitkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 15 tahun 2008 tentang Pedoman Umum Reformasi Birokrasi. Penataan birokrasi menjadi agenda utama dalam reformasi birokrasi, karena kualitas birokrat inilah yang menentukan berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh sektor publik. RB di BKKBN merumuskan sasaran, yakni: (1) Birokrasi yang bersih dan akuntabel, (2) Birokrasi yang efektif dan efisien dan (3) Birokrasi yang memiliki pelayanan publik yang berkualitas. Untuk mengetahui kemajuan pelaksanaan RB di BKKBN, dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya, dengan memberikan prioritas pada pelayanan publik yang profesional, Pusat Penelitian dan Pengembangan Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera BKKBN melaksanakan Survei Penilaian Reformasi Birokrasi, Persepsi Kepuasan Pelayanan Publik dan Persepsi Anti Korupsi secara internal dan eksternal yang sudah dilaksanakan secara rutin sejak tahun 2014. Survei Penilaian Reformasi Birokrasi, Persepsi Kepuasan Pelayanan Publik dan Persepsi Anti Korupsi di lingkungan BKKBN dilaksanakan untuk mengetahui gambaran penilaian reformasi birokrasi, kepuasan pelayanan publik dan persepsi anti korupsi di BKKBN.

Pendidikan Agama Islam (Bahan Ajar Aqidah Akhlak) Jilid I-Aqidah
Agama Islam / 14/08/2021

Aqidah merupakan asas dalam melakukan berbagai kegiatan dalam kehidupan bagi seorang muslim, Aqidahlah yang menentukan perbuaan itu dapat berpahala atau tidak, ketiadaan aqidah dalam diri seseorang akan menjadikan dirinya lepas dari belenggu ritualitas keagamaan yang menjadikannya bebas melakukan hal apapun, tentu ini akan menjadikan seseorang sangatlah merugi dalam kehidupannya. Sedangkan akhlak merupakan perilaku kebiasaan yang muncul dalam merespon stimulus yang datang pada jiwa, perbuatan itu menjadi akhlak manakala menetap dan terbiasa dilakukan, jadi bukan perbuatan spontanitas semata, akhlak meruapakan cerminan diri seseorang semakin baik akhlaknya seseorang maka semakin baik tingkah lakunya. Dalam perspektif pengetahuan maka aqidah dan akhlak  sebagai penggerak perbuatan seseorang, dalam istilah umum sering disebutkan “aqidah sebagai akar dan akhlak sebagai buah”. Aqidah yang kuat akan menghantarkan seseorang pada perbuatan yang baik, dan sebaliknya munculnya perilaku yang buruk disebabkan karena aqidahnya lemah. Pembelian full document e-Book (PDF): Rp20.000,- klik BELI Pembelian full document e-Book (PDF): Rp20.000,- klik BELI