Model Bimbingan & Konseling Karir Bagi Siswa Sma Sederajat
Pendidikan / 20/08/2020

Pengangguran merupakan angkatan kerja yang belum mendapat kesempatan bekerja, tetapi sedang mencari pekerjaan atau orang yang tidak mencari pekerjaan karena merasa tidak mungkin memperoleh pekerjaan. Saat ini pengangguran di Indonesia meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan efek dari kemajuan teknologi. Bimbingan dan konseling karir adalah salah satu layanan terintegrasi dengan dunia pendidikan dan sangat berperan dalam merencanakan karir dalam hal ini minat, hobi dan cita-cita bagi peserta didik. Sehingga diperlukan model yang tepat agar dapat mencegah terjadinya pengangguran dan mampu mengoptimalisasi potensi dalam pembangunan negara. Penelitian ini dirancang untuk menemukan model bimbingan dan konseling karir yang tepat untuk peserta didik dalam merencanakan karirnya dengan matang. Model ini meliputi: tujuan layanan, materi layanan, metode dan teknik layanan, media layanan dan evaluasi layanan secara konseptual. Buku ini sangat berguna bagi para Konselor atau Guru Bimbingan Konseling untuk memberi bimbingan karir pada siswa SMA Ketika lulus sekolah untuk menghadapi pangsa kerja.

Pengantar Teknologi Informasi 4.0
Teknologi / 09/08/2020

Penulis lahir di Kota Bogor tahun 1986. Setelah lulus SMA PGRI 3 Bogor pada tahun 2004, kemudian melanjutkan strata 1 di STIKOM BINANIAGA BOGOR dan STRATA 2 di STMIK ERESHA Jakarta. Pada waktu kuliah strata 1 penulis mengambil program studi Sistem Informasi dan Starata 2 dengan program studi Teknik Informatika. Sejak masih aktif kuliah penulis senang mambaca buku mengenai computer dan jaringan. Aktifitas penulis adalah mengajar matakuliah jaringan computer, manajemen jaringan, sistem operasi dan lain lain. Selain mengajar penulis sering mengikuti proyek IT yang berkaitan dengan jaringan computer dan CCTV pernah dipekerjakan di luar kota atau luar pulau jawa. Cita cita dari penulis adalah memajukan dunia IT melalui kegiatan mengajar,sharing ilmu dan menulis. Buku ini berisi mengenai Pengantar Komputer,Pengantar Prosedur Alat,Unit Komputer,Perawatan Preventif,Instalasi WINDOWS,Konfigurasi Dan Manajemen Windows. Penulis juga mengucapkan terimakasih kepada kedua orang tua ku, kepada istri ku Rezi Setria dan anak ku Aiken Mustaqim serta Arohi Moussa Qurrota Ayun yang telah memberikan semangat. Terima kasih juga kepada Civitas Universitas Ibn Khaldun Bogor dan Universitas Surya yang telah membantu support pembuatan buku ini dan terima kasih juga kepada Bapak Adri Gautama(Cisco Indonesia Program Manager), Bapak Viddi Mardiansyah dan Bapak Luhur Bayuaji(Instruktur Cisco) yang telah menginspirasi pembuatan buku ini dan…

Profile Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ibn Khaldun Bogor (Laporan Kinerja Periode 2016-2020)
Laporan / 09/08/2020

Buku Profile Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor ini merupakan laporan kinerja LPPM periode 2016 – 2020. Buku ini disusun berdasarkan program dan kegiatan yang meliputi: (1) penelitian, (2) pengabdian kepada masyarakat, (3) program kreativitas mahasiswa, (4) penerbitan buku, (5) penerbitan jurnal pengabdian dosen dan mahasiswa, (6) penerbitan hak kekayaan intelektual dan paten, (7) hibah artikel pada jurnal terakreditasi, (8) perjanjian kerjasama, (9) uji kompetensi penulis buku, (10) bimbingan teknis DPRD Provinsi/ Kabupaten/Kota, dan (11) ranking sinta. Dari berbagai program dan kegiatan tersebut menunjukkan kinerja LPPM-UIKA Bogor dalam berusaha menjalankan tugas dan fungsinya untuk menyumbangkan sedikit pemikiran sehingga UIKA Bogor mendapat predikat Terakreditasi “B” tahun 2016. Pada tahun 2019 UIKA Bogor masuk ke dalam 100 Besar Perguruan Tinggi Terbaik di tingkat Nasional dengan ranking ke-99 dari 4.691 perguruan tinggi di Indonesia. Kinerja penelitian LPPM naik kelas dari KLUSTER BINAAN meningkat ke KLUSTER MADYA pada tahun 2019. Demikian juga Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) naik kelas dari KLUSTER Ke-5 meningkat ke KLUSTER Ke-4 tahun 2019. Pencapaian kinerja ini tentu saja atas kerjasama dan sinergitas antara rektorat, dekanat, lembaga, biro, program studi, pusat studi, dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan yang ada di lingkungan UIKA Bogor.

Laporan Pertanggungjawaban Rektor Universitas Ibn Khaldun Bogor Masa Bhakti 2016 – 2020
Laporan / 09/08/2020

Buku Laporan Pertanggungjawaban Rektor UIKA Bogor ini merupakan Laporan Kinerja Rektor Masa Bhakti 2016-2020. Buku ini disusun berdasarkan Capaian Kinerja Utama sesuai Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi (IAPT 3.0), khususnya Pasal 1 butir 2(d) terkait Panduan Penyusunan Laporan Kinerja Perguruan Tinggi. Beberapa indikator kinerja tersebut dikelompokkan ke dalam (1) Capaian Kinerja Bidang Akademik dan Tridharma Perguruan Tinggi, (2) Capaian Bidang keuangan dan Sumberdaya, (3) Capaian Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, serta (4) Capaian Bidang Kerjasama Kelembagaan. Setidaknya terdapat beberapa prestasi Rektor yang dapat dijadikan sebagai milestone pengembangan Universitas Ibn Khaldun ke depan, di antaranya: (1) UIKA masuk peringkat 100 Kampus Terbaik versi Kemenristekdikti Tahun 2019 (ranking 99 dari 4.691 perguruan tinggi di indonesia), demikian juga FAI sebagai Fakultas Agama Islam Terbaik Periode 2016-2019; (2) UIKA meraih Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) B pada Tahun 2016; (3) UIKA meraih juara II Lomba Inovasi Se Jabar-Banten; (4) UIKA secara berkala melaksanakan KKN Internasional dengan mengirim mahasiswa ke Thailand serta pertukaran pelajar ke Malaysia, Singapura dan Rusia; (5) UIKA memberikan beasiswa penuh hingga lulus u/ mahasiswa Tahfidz Al-Qur’an; (6) UIKA berhasil mewujudkan 18 Jurnal Ilmiah Terakreditasi Sinta; (7) UIKA telah berhasil mendorong Klaster…