Panduan Pengoperasian Dan Pemeliharaan Mesin Produksi Serta Proses Pembuatan Paving Blok
Teknologi / 08/11/2019

Mesin produksi Paving Blok dapat dioperasikan menggunakan dua sumber enrgi listrik yaitu energi matahari dengan modul surya (photo voltaik) dan energi listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). Energi listrik dari modul surya digunakan sebagai sumber energi listrik utama. Pemasangan modul surya difungsikan untuk mengganti sumber listrik dari PLN. Pemasangan modul surya dapat dilakukan dengan cara pemasangan seri atau pararel. Modul surya yang dipasang secara seri akan menghasilkan arus yang sama, dan jika dipasang pararel membuat tegangan disetiap modul PV akan sama. Untuk membangkitkan daya listrik hingga 4.000 Wp dipasang 14 unit PV yang terbagi menjadi 2 group. Buku ini diterbitkan sebagai panduan pengoperasian dan pemeliharaan mesin produksi serta proses pembuatan paving blok yang telah terbukti menghasilkan aneka paving blok.

Revitalisasi Pendidikan Islam Era Digital 4.0 (Membentuk Muslim & Muslimah yang Berkualitas)
Pendidikan / 08/11/2019

Revitalisasi pendidikan Islam Era digital 4.0 bukan sekedar latah mengikuti arus globalisasi melainkan harus dijadikan peluang untuk membentuk muslim dan muslimah yang berkualitas. Kaitan antara globalisasi dan pendidikan Islam terletak di dalam lahirnya suatu masyarakat baru yaitu knowledge-based-society yang merupakan anak kandung dari proses globalisasi. Sepuluh tantangan pendidikan Islam di era digital ini yaitu: (1) kecepatan, (2) kenyamanan, (3) gelombang generasi, (4) pilihan, (5) ragam gaya hidup, (6) kompetisi harga, (7) pertambahan nilai, (8) pelayanan pelanggan, (9) teknologi sebagai andalan, dan (10) jaminan mutu. Pendidikan Islam di era ini harus mampu membentuk kader bangsa guna membentuk pribadi anak didik yang takwa sekaligus menguasai dan memanfaatkan teknologi digital. Dalam bentuk yang riel perannya dalam berbangsa membentuk muslim yang berketuhanan yang Maha Esa, cerdas, berilmu, berwawasan ekonomi, berjiwa entrepreneur, memiliki kompetensi dan skill, kreatif dan inovatif, memiliki prilaku disiplin, jujur, tanggungjawab; untuk mengelola kehidupan guna membangun bangsa. Link Download: Buku Revitalisasi Pendidikan Islam Era Digital 4.0

Pendidikan Nonformal Dalam Perspektif Pendidikan Islam (di Sekolah Master Indonesia, Depok-Jawa Barat)
Pendidikan / 08/11/2019

Pendidikan adalah pilar utama kemajuan suatu bangsa. Maju mundurnya suatu bangsa dapat dilihat dari indikator pendidikannya. Pendidikan juga merupakan hak sekaligus kewajiban asasi bagi setiap manusia. Dengan pendidikan, manusia dapat mengetahui dirinya, hak dan kewajibannya sebagai manusia dan  kedudukannya sebagai wakil Allah Swt. di muka bumi. Pentingnya pendidikan bagi manusia, telah disadari sepenuhnya, baik oleh masyarakat maupun pemerintah. Akan tetapi, sangat disayangkan, sampai saat ini, tidak semua orang dapat memperoleh hak pendidikan yang sama. Banyaknya anak putus sekolah di satu sisi akan menambah anak-anak yang harus bekerja sebelum waktunya dan lebih parahnya lagi apabila mereka tidak dapat dibina, mereka akan tumpah di jalanan menjadi sampah masyarakat. Sekolah Master Indonesia, didirikan atas dasar rasa prihatin untuk menyelamatkan masa depan pendidikan anak-anak korban krisis ekonomi tahun 1998. Ketika itu pendirinya, Nurochim berkenalan dengan empat sarjana di Masjid Al-Muttaqien yang terletak di Terminal Depok. Bersama mereka kemudian pelan-pelan mengumpulkan orang yang ingin belajar. Mula-mula kegiatan ini berlangsung di masjid sehingga terkenal dengan nama Masjid Terminal atau Master. Sekolah Master Indonesia, telah terbukti dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dengan nilai-nilai religi sehingga anak didiknya atau komunitasnya menjadi manusia-manusia yang berkarakter. Pembelajaran yang berlangsung di Sekolah Master Indonesia meski minim fasilitas, ternyata tidak menghalangi prestasi…

Kepemimpinan Transformasi Dalam Pendidikan Islam
Pendidikan / 08/11/2019

Kepemimpinan Trasformasi merupakan gaya kepemimpinan yang menginspirasi dan memberdayakan individu, kelompok dan organisasi dengan cara mentransformasi paradigma dan nilai-nilai menuju kemandirian organisasi yang dipimpinnya. model kepemimpinan ini dianggap sebagai model kepemimpinan idel untuk terus dikembangkan di masa yang akan datang. Salah satu keunggulan dari model ini adalah menekankan pentingnya menggerakkan motivasi intrinsik yang terdapat pada setiap individu. Islam hadir dengan kesempurnaan ajarannya termasuk masalah kepemimpinan. Kesempurnaan ajaran Islam tergambar dari kesempurnaan kepemimpinan Rosulullah SAW., dalam menggerakkan kaum muslimin mengikuti ajaran Allah SWT dan diakui dunia keberhasilannya, hal ini terjadi karena Rosul mampu mentransformasi paradigma dan nilai-nilai universal. Bila pemimpin mampu menggerakkannya, maka hal ini sebagai modal utama dalam menumbuhkan budaya unggul dalam melaksanakan setiap tugas kependidikan. Buku ini diharapkan mampu memuaskan dahaga para pencari tipologi kepemimpinan yang ideal karena keefektifannya dalam mencapai tujuan yang telah disepakati.

Inovasi Kurikulum Pondok Pesantren Berwawasan Agribisnis
Pendidikan / 08/11/2019

Secara de fakto pesantren lahir dan tumbuh di masyarakat untuk secara besama-sama memberdayakan masyarakat. Kepedulian pesantren terhadap kesejahteraan dan kebahagiaan hidup masyarakat dalam aspek kerohanian telah berjalan lama bahkan sebelum kemerdekaan bangsa ini. Itulah sebabnya Madjid (1997:3) mengatakan bahwa dari segi historisitas, pesantren tidak hanya identik dengan makna ke-Islaman, tetapi juga mengandung makna keaslian Indonesia (indegenous). Sebagai produk asli Indonesia pesantren memikul beban dan harapan besar masyarakat agar lulusannya berkiprah semakin luas. Tujuan utama diselenggarakannya pondok pesantren adalah memberikan bekal Pendidikan Agama Islam kepada para santri, sehingga mereka mampu menjadi penerus dakwah Islam di masa yang akan datang. Disamping itu pondok pesantrenpun dituntut agar juga mampu memberikan bekal kehidupan dunia yang memadai bagi para lulusannya  Inovasi masyarakat Islam terhadap pondok pesantren terus dilakukan seiring perkembangan dan tuntutan zaman. Tidak kurang dari enam model pesantren telah dikembangkan masyarakat Islam sebagaimana disampaikan Manfred Ziemek yang menguraikan tipe-tipe pesantren mulai dari tipe A-F, dengan klasifikasi sebagai berikut : 1)  Pesantren Tipe A, yaitu pesantren yang sangat tradisional  2)  Pesantren Tipe B, yaitu pesantren yang mempuyai sarana fisik yang lebih baik 3) Pesantren tipe C, atau pesantren salafi ditambah dengan lembaga sekolah (madrasah, SMU atau kejuruan)  4) Pesantren tipe D, yaitu pesantren modern, corak…

METODOLOGI PENELITIAN (Cara Mudah Melakukan Penelitian)
Pendidikan / 08/11/2019

Penelitian menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari Tridarma Perguruan Tinggi di kalangan civitas akademis. Bagi mahasiswa penelitian merupakan syarat untuk penyusunan karya tulis ilmiah seperti skripsi untuk jenjang Sarjana (S-1), tesis untuk jenjang Magister (S-2), dan disertasi untuk jenjang Doktor (S-3). Sedangkan bagi dosen penelitian merupakan salah satu dari tugas akademik dosen sebagai salah satu dari Tridarma untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Bagi dosen yang tersertifikasi maka setiap semester harus menyusun laporan BKD (beban kerja dosen dan LKD (laporan kerja dosen) yang salah satu unsurnya adalah laporan penelitian. Uraian dalam buku ini membantu para mahasiswa dan dosen untuk melakukan penelitian dengan cara mudah. Pemahaman terhadap metode penelitian bagi mahasiswa maupun dosen terkadang tidak utuh ketika akan menyusun skripsi, tesis, ataupun disertasi. Misalnya dalam menggunakan metode penelitian kuanititatif ada kecenderungan dosen menganjurkan mahasiswanya untuk mengikuti kaidah penelitian kualitatif dan demikian sebaliknya. Cara pandang dalam melakukan penelitian seperti ini dapat menghambat mahasiswa untuk menyelesaikan penelitian dengan waktu yang relatif cepat. Buku metodologi penelitian ini memberi solusi cara mudah melakukan penelitian.

Merancang Bahan Ajar Menggunakan Software Videoscribe
Pendidikan / 08/11/2019

Mengajar dan belajar memerlukan media yang memadai salah satunya menggunakan software videoscribe. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan bahan pembelajaran, sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Media pembelajaran menempati posisi yang cukup penting dalam pembelajaran karena pada dasarnya proses pembelajaran merupakan proses komunikasi, dan setiap proses komunikasi membutuhkan media. Selain itu juga media pembelajaran merupakan komponen integral dari sistem pembelajaran. Mengajar dan belajar tanpa media maka proses komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran tidak akan berlangsung secara optimal. Penggunaan software videoscribe dalam proses belajar mengajar dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman dan penerimaan informasi yang cepat dan tepat dari yang disampaikan guru.

Toleransi dalam Beragama
Agama Islam / 08/11/2019

Radikalisme merupakan ideologi yang sangat berbahaya bagi bangsa yang plural. Kemunculan ideologi radikalisme akan mengakibatkan bangsa yang memiliki pluralitas etnis, agama dan kepercayaan sulit membangun dirinya. Sebagai bangsa yang plural, Indonesia menyadari bahayanya radikalisme. Oleh karena itu, sejak awal pendiriannya, bangsa Indonesia sudah mengenal “Bhinneka Tunggal Ika” sebagai semboyan bangsa untuk menangkal radikalisme. Meskipun secara umum, ideologi radikalisme tidak memiliki akar yang kuat dalam budaya bangsa, akan tetapi kasus-kasus radikalisme seringkali bermunculan. Bahkan menggiring opini internasional bahwa Indonesia punya masalah serius terkait persoalan radikalisme. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk menangkal radikalisme dan merawat toleransi. Buku ini disusun untuk membahas masalah toleransi dalam Islam dan realitasnya di lapangan. Dari buku ini bisa disimpulkan bahwa toleransi adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Islam dan pemeluknya. Oleh karena itu, kekhawatiran terhadap radikalisme dalam Islam sangat tidak beralasan. Wallahu A’lam.