Memasuki era 4.0 para ahli meramalkan akan banyak pekerjaan dan usaha/bisnis yang akan ter-disruptive. Buku ini diharapkan dapat meneguhkan keyakinan para guru bahwa guru sebagai profesi memiliki akar yang kuat dibandingkan dengan guru sebagai pekerjaan. Kemampuan guru menghadapi era 4.0 sangat dipengaruhi oleh paradigm guru itu sendiri. Menjadi Guru Kaya adalah sebuah mindset dan paradigm baru era 4.0. Buku ini menawarkan sebuah konsep bagi guru menghadapi turbulensi dan disruptive. Buku ini disajikan dengan penjelasan rinci tentang konsep GURU KAYA dalam kuadran-kuadran penting yang harus dijalani sang guru. Buku menjadi Guru Kaya menawarkan 4 kuadran perubahan mendasar untuk mengantisipasi guru terkena turbulensi dan ter-disruptiv oleh perubahan mindset generasi milenial. Keyakinan dan rasa percaya diri Guru akan bangkit dengan pergeseran KUADRAN TO HAVE menjadi TO BE.
Kepemimpinan adalah proses penerapan fungsi untuk mempengaruhi kegiatan seseorang atau kelompok dalam situasi tertentu untuk mencapai suatu tujuan. Keberhasilan madrasah/sekolah adalah keberhasilan kepala madrasah/sekolah, karena beberapa kepala madrasah/sekolah dilukiskan sebagai figur yang memiliki harapan tinggi dalam memenej staf, guru, dan siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah faktor internal, faktor pendekatan belajar (approach to learning), dan faktor eksternal. Di antara faktor eksternal yang paling berpengaruh adalah guru. Kemeterian Agama RI khususnya Direktorat Madrasah lebih sungguh-sungguh lagi dalam menangani madrasah, karena madrasah pun dapat berprestasi untuk menghadapi persaingan global.