Tafsir Tematik Ekonomi Syariah
Ekonomi & Bisnis / 16/02/2016

Buku ini berisi mengenai Tafsir Tematik Ekonomi Syariah. banyak ilmu yang didapat pada buku ini. buku ini mendapat ijazah sanad diantaranya sanad hadist Arbain Nawawiyyah (Imam Nawawi). Jami’ Ulum wal Hikam (Ibn Rajab Al-hambali), Syumuliyyah Al-Muhammadiyyah (At-Tirmidzi) Awa’il Sumbuliyyah (Hadist Pilihan Kutubusittah) Bulughul Maram, Al-Mustadrak, dan lain-lain. Juga terdapat beberapa hadist yang sanadnya bersambung (musalsal) sampai Rasulullah SAW. Selain itu juga mendapatkan sanad Qira’ah Sab’ah melalui jalur syathibiyyah, khususnya qiea’ah hafs sari Imam Ashim (Qira’ah Ahlu Iraq) dan Qira’ah Warasy dari Imam Nafi (Qira’ah Ahlu Madinah), juga Qira’ah Asyarah Sugra dan Qira’ah Asrah Kubra.

Otobiografi 60 Thn Dr. H. A. Rahmat Rosyadi
Otobiografi / 11/02/2016

Banyak orang seringkali meneladani perjalanan hidup dari orang-orang ternama da terpopuler di jagad raya melalui biografinya. Hal itu sangat baik untuk diikuti jalan hidupnya sehingga dapat menginspirasi dirinya lalu mengimitasi atau menduplikasinya. Sementara kisah hidup orang-orang biasa terkadang dilupakannya. Karena dianggap tidak memiliki apa pun dan tidak dapat diteladaninya. Sesungguhnya orang-orang biasa apalagi yang mempunyai prestasi sekecil apapun itu sangat layak dijadikan teladan juga karena akan lebih dekat dengan pembacanya. Pengalaman “orang-orang biasa” yang bertindak “diluarkebiasaan” dapat dijadikan alternatif untu di baca tulisannya melalui biografinya. Kisah hidup orang-orang seperti ini jauh lebih dahsyat pengaruhnya karena memiliki etos kerja yang dapat mengkritisi bagi pembacanya. Beginilah bigrafi orang biasa yang bertindak diluarbiasaan. Menapaki takdir hidup dari menulis, hingga memperoleh penghargaan karya tulis.

Kebijakan & Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan
Pendidikan / 10/02/2016

Kebijakan Pemerintah dan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan nonformal sangat menentukan keberasilannya. Sejak diberlakukannya otonomi daerah, pemerintah daerah memperoleh wewenang mengatur sendiri daerahnya untuk melaksanakan pembangunan termasuk bidang pendidikan. Namun demikian masih adanya ketidakseimbangan antara pendidikan formal dan non-formal dalam praktiknya. Salah satunya program fungsional sebagai bagian pendidikan non-formal tearabaikan sehingga masalah buta aksara tidak pernah tuntas diselesaikan. Hasil penelitian menunjukkan masih rendahnya pengaruh implementasi kebijakan pemerintah daerah dan kemampuan aparat. Di sisi lain keberasilan proram keaksaraan fungsional sangat didukung oleh partisipasi masyarakat. Pemerintah daerah perlu memberi perhatian lebih besar terhadap program keaksaraan fungsional dan membangun partisipasi masyarakat dalam implementasi kebijakannya. Pesan inilah yang disampaikan dalam buku : “Kebijakan dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan”. Buku ini ditulis oleh Dr. H. Rais Ahmad, SH., MCL. seorang Doktor Ilmu Pemerintahan. Saat ini masih menjadi dosen Ilmu Hukum di Universitas Ibn Khaldun Bogor. Buku ini sangat berguna bagi pemerhati kebijakan pendidikan, Dosen dan Guru serta mahasiswa yang ingin mendalami masalah kebijakan pendidikan nasional.