Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Daring Dimasa Pandemi Covid-19 (Bookchapter)
Bahasa , Pendidikan / 15/08/2021

Pembelajaran Bahasa Inggeris melalui sistem daring yang dilakukan oleh guru dan siswa, selain untuk memproses belajar dan mengajar juga sebagai upaya-upaya yang dilakukan masyarakat dalam pencegahan Covid-19 serta melakukan kegiatan untuk meminimalkan dampaknya dalam kehidupan masyarakat dilihat secara perpektif  Pendidikan Bahasa Inggris. Upaya-upaya pencegahan dan peningkatan ketahanan ekonomi masyarakat ini juga dilakukan melalui  berbagai kegiatan bisnis  dan kewirausahaan. Artikel ini disusun berdasarkan telaah literatur dan dokumen, diskusi serta pemikiran para ahli di bidang Pendidikan Bahasa Inggris pun dapat diperbaharui dan disesuaikan dengan perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia. Artikel hasil KKNGTM yang terdiri dari berbagai topik hasil penelitian ini mengangakat isue-isue tentang Pendidikan Bahasa Inggeris secara daring yang dilakukan oleh siswa bersama para guru, juga mengangkat issue-isue kewirausahaan yang berkembang pada masa pandemi COVID-19 yang dilakukan oleh para orangtua siswa untuk mempertahankan perekonomian sebagai salah satu penunjang belajar siswa.

An Exercise Book Of English For General Communication
Bahasa / 18/10/2018

This book is intended for students who want to learn English, especially for writing and reading skills. In addition to increasing the ability to write and read, this book also contains health and technology that cannot be separated from Islam as a guide to our lives. In addition, in this book there are basic tenses that students must know. Finally, the author wants this book to be able to improve his ability inEnglish.

Aspek Fonologis dalam Pembentukan Kata
Bahasa / 18/10/2018

Pembentukan kata melibatkan aspek bunyi atau aspek fonologis. Pembahasan tentang aspek fonologis dalam pembentukan kata dikenali sebagai kajian morfofonemik. Selain didapati dalam realisasi fonologis kata asli dalam sebuah bahasa, gejala morfofonemis sering didapati dalam realisasi fonologis kata salinan. Buku ini membahas gejala morfofonemis dalam pembentukan kata salinan (loan words) dalam bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Inggris dan bahasa Arab serta kata salinan dalam bahasa Arab yang berasal dari bahasa Inggris. Gejala morfofonemis dalam realisasi fonologis kata dalam sejumlah bahasa lain, yakni yang gayut (relevant) dengan topik yang sedang didiskusikan, juga dibahas. Gejala lain, selain gejala morfofonemis, dalam pembentukan kata seperti pelekatan morfem terikat, analogi, hiperkoreksi, dan ketaklaziman korespodensi grafem-fonem dalam pembentukan kata salinan pun dibahas dalam buku ini.