Media Presentasi Pengganti Powerpoint
Pendidikan / 05/09/2020

Media Presentasi merupakan sebuah alat penyampaian yang sangat penting bagi semua kalangan, terutama untuk guru, dosen atau pun mahasiswa di lingkup pendidikan. Media presentasi yang baik dan menarik menjadi kunci dari sebuah informasi dan komunikasi terhadap komunikator dengan audiensnya. Mengikuti perkembangan zaman yang selalu dituntut untuk menjadi maju yang memanfaatkan digital dan elektronik, tentunya banyak pembaharuan media presentasi yang sebelumnya ada. Ragam media presentasi yang dapat digunakan selain PowerPoint dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing seperti Prezi, Sparkol-Videoscribe, Powtoon, Vyond-Goanimate, Focusky, Slidedog, Emaze, dan Phet. Dengan menggunakan beragam media presentasi ini diharapkan seorang komunikator dapat menyampaikan pesan secara jelas, aktif, dan rinci untuk memotivasi audiens.

Model Bimbingan & Konseling Karir Bagi Siswa Sma Sederajat
Pendidikan / 20/08/2020

Pengangguran merupakan angkatan kerja yang belum mendapat kesempatan bekerja, tetapi sedang mencari pekerjaan atau orang yang tidak mencari pekerjaan karena merasa tidak mungkin memperoleh pekerjaan. Saat ini pengangguran di Indonesia meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan efek dari kemajuan teknologi. Bimbingan dan konseling karir adalah salah satu layanan terintegrasi dengan dunia pendidikan dan sangat berperan dalam merencanakan karir dalam hal ini minat, hobi dan cita-cita bagi peserta didik. Sehingga diperlukan model yang tepat agar dapat mencegah terjadinya pengangguran dan mampu mengoptimalisasi potensi dalam pembangunan negara. Penelitian ini dirancang untuk menemukan model bimbingan dan konseling karir yang tepat untuk peserta didik dalam merencanakan karirnya dengan matang. Model ini meliputi: tujuan layanan, materi layanan, metode dan teknik layanan, media layanan dan evaluasi layanan secara konseptual. Buku ini sangat berguna bagi para Konselor atau Guru Bimbingan Konseling untuk memberi bimbingan karir pada siswa SMA Ketika lulus sekolah untuk menghadapi pangsa kerja.

Komitmen Guru Terhadap Peningkatan Kinerja Sekolah
Pendidikan / 12/06/2020

Komitmen guru terhadap peningkatan kinerja sekolah  merupakan salah satu jaminan untuk menjaga kelangsungan organisasi sekolah. Guru dalam hal ini sangat berperan penting untuk mencapai pendidikan yang berkualitas. Peran guru tidak hanya menyampaikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik tetapi juga berperan sebagai administrator pendidikan, seperti melaksanakan proses pengarahan, pendelegasian sesuatu secara personal, spiritual, maupun material yang menyangkut pencapaian tujuan pendidikan yang berkualitas. Dalam pengelolaan sekolah, guru selain sebagai pelaksanaan proses belajar mengajar tetapi juga harus berpartisipasi dalam organisasi sekolah agar tercapai tujuan sekolah yang lebih unggul. Dengan demikian, guru dituntut harus berperilaku dan memiliki sikap kerja yang berperan aktif terhadap pencapaian tujuan sekolah melalui budaya kerja, kepemimpinan transformatif, komitmen organisasi, dan kepuasan kerja. Buku ini layak dibaca oleh para pejabat pendidikan dasar dan menengah, kepala sekolah, pengawas sekolah, dan para guru sebagai pendidik untuk membangun komitmen guru dalam meningkatkan kinerja sekolah.

Pengembangan Model Kurikulum Pendidikan Busana Muslim (Berbasis Analytic Network Process)
Pendidikan / 12/04/2020

Busana muslim telah diterima secara luas sebagai bagian dari ragam gaya busana di tingkat lokal, nasional maupun internasional. Busana muslim ini tidak hanya dipakai pada acara sehari-hari tetapi juga acara khusus bahkan sebagai busana kerja wanita muslimah. Karena itu tidak heran jika industri busana muslim menunjukkan trend kenaikan yang menggembirakan. Pada 2020 Indonesia telah dicanangkan sebagai pusat mode busana muslim dunia. Di masa kini dan yang akan datang perlu diupayakan agar busana muslim selalu mengikuti perkembangan jaman dengan  tetap berpedoman pada prinsip-prinsip syar’i. Saat ini tidak banyak lembaga pendidikan formal setingkat perguruan tinggi di bidang Islamic fashion. Padahal busana muslim dapat dipelajari, dikaji, bahkan diteliti secara mendalam  sehingga dapat mendukung perkembangan busana muslim yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan perkembangan zaman tanpa meninggalkan kesyariahan. Dalam tulisan ini dibahas mengenai faktor-faktor dominan dalam pengembangan model kurikulum pendidikan busana muslim berbasis analytic network process (ANP) pada salah satu program studi perguruan tinggi yang dapat dijadikan rujukan dalam menyusun sebuah konsep kurikulum pendidikan busana muslim.

Kurikulum Pendidikan Islam Pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak Binaan
Pendidikan / 10/01/2020

Pendidikan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Tangerang memiliki fasilitas pendidikan cukup lengkap dengan SD, SMP, SMK jurusan teknik sepeda motor dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Dengan begitu walau menjalani pidana, narapidana anak bisa melanjutkan sekolah dan berprestasi. Begitu juga pendidikan Islam di LPKA tersebut tetap berjalan namun diajarkan kepada semua siswa yang beragama Islam. Sistem Pendidikan Islam mengacu pada Garis Besar Pelajaran Pendidikan Islam Modul A Bagi Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara. Proses pembelajaran pendidikan Islam selain di sekolah,  juga ada program di luar sekolah seperti kegiatan keagamaan di masjid dan sebagainya. Walaupun sistem kurikulum pendidikan Islam yang formal di sekolah belum terintegrasi secara administratif dengan pendidikan non formal di luar sekolah, tetapi kegiataan keagamaan di luar pendidikan formal tetap berjalan dengan baik walau pun masih terbatas.

Student’s Perception On Using Authentic Material And Autonomous Learning
Pendidikan / 02/01/2020

The study of the student’s perception on using authentic material and autonomous learning is mostly affected by collocation awareness. Therefore, efforts to improve the student’s collocation awareness must be accompanied by efforts to optimize the student’s perception on using authentic material and settle the autonomous learning. With these efforts bellow are expected that student’s perception on using authentic material will be optimized and as the result will bring betterment for his/her ability in collocation awareness. Efforts to optimize the student’s collocation awareness through the student’s perception on using authentic material are: (a) to open up the student’s mind in the beginning of learning, learning processes and outcomes; (b) to inform the students about the importance of student’s perception on using authentic material as modality to follow the lesson; (c) to direct the learning activities professionally; (d) to optimize the student’s perception on using authentic material and its context by giving them appropriate various treatment in the classroom activity so that the classroom activity will be like a real-life situation; (e) to build up student’s awareness about the student’s perception on using authentic material in the aspect of communication especially in discourse, not only in the present moment but also the…

Konsep Pendidikan Seks Berbasis Kurikulum Pendidikan Seks Islami (Sex Education for Senior High School Students)
Pendidikan / 03/12/2019

Perilaku penyimpangan seks dikalangan para pelajar sudah sangat mengkhawatirkan semua pihak, bahkan setiap tahunnya terus mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Ada tiga faktor penyebabnya pendidikan Seks perlu diintensifkan di kalangan pelajar. Pertama, sebagian besar masyarakat – dalam hal ini orang tua dan para guru masih menganggap ‘taboo’ memperbincangkan masalah ‘seks’ dan mengajarkannya kepada anak-anak dan murid-murid. Kedua, pelajar kini sedang mengalami perubahan sosial yang sangat cepat dari masyarakat tradisional menuju masyarakat modern. Hal ini berkonsekuensi pada terjadinya perubahan norma-norma, nilai-nilai dan gaya hidup dengan perilaku seks bebas. Ketiga, minimnya informasi tentang pendidikan seks yang benar dan sehat bagi para pelajar. Tanpa informasi yang benar hanya akan membuat rentan terhadap bentuk penyimpangan prilaku seks. Pendidikan seks yang terkait dengan berbagai permasalahan mulai dari adab meminta izin, adab memandang, menghindarkan anak dari rangsangan-rangsangan seksual, mengajar anak tentang hukum-hukum pada masa pubertas dan masa baligh, perkawinan dan hubungan seksual sampai pada pembahasan terkait bolehkah menerapkan pendidikan seksual kepada anak.

Revitalisasi Pendidikan Islam Era Digital 4.0 (Membentuk Muslim & Muslimah yang Berkualitas)
Pendidikan / 08/11/2019

Revitalisasi pendidikan Islam Era digital 4.0 bukan sekedar latah mengikuti arus globalisasi melainkan harus dijadikan peluang untuk membentuk muslim dan muslimah yang berkualitas. Kaitan antara globalisasi dan pendidikan Islam terletak di dalam lahirnya suatu masyarakat baru yaitu knowledge-based-society yang merupakan anak kandung dari proses globalisasi. Sepuluh tantangan pendidikan Islam di era digital ini yaitu: (1) kecepatan, (2) kenyamanan, (3) gelombang generasi, (4) pilihan, (5) ragam gaya hidup, (6) kompetisi harga, (7) pertambahan nilai, (8) pelayanan pelanggan, (9) teknologi sebagai andalan, dan (10) jaminan mutu. Pendidikan Islam di era ini harus mampu membentuk kader bangsa guna membentuk pribadi anak didik yang takwa sekaligus menguasai dan memanfaatkan teknologi digital. Dalam bentuk yang riel perannya dalam berbangsa membentuk muslim yang berketuhanan yang Maha Esa, cerdas, berilmu, berwawasan ekonomi, berjiwa entrepreneur, memiliki kompetensi dan skill, kreatif dan inovatif, memiliki prilaku disiplin, jujur, tanggungjawab; untuk mengelola kehidupan guna membangun bangsa. Link Download: Buku Revitalisasi Pendidikan Islam Era Digital 4.0

Pendidikan Nonformal Dalam Perspektif Pendidikan Islam (di Sekolah Master Indonesia, Depok-Jawa Barat)
Pendidikan / 08/11/2019

Pendidikan adalah pilar utama kemajuan suatu bangsa. Maju mundurnya suatu bangsa dapat dilihat dari indikator pendidikannya. Pendidikan juga merupakan hak sekaligus kewajiban asasi bagi setiap manusia. Dengan pendidikan, manusia dapat mengetahui dirinya, hak dan kewajibannya sebagai manusia dan  kedudukannya sebagai wakil Allah Swt. di muka bumi. Pentingnya pendidikan bagi manusia, telah disadari sepenuhnya, baik oleh masyarakat maupun pemerintah. Akan tetapi, sangat disayangkan, sampai saat ini, tidak semua orang dapat memperoleh hak pendidikan yang sama. Banyaknya anak putus sekolah di satu sisi akan menambah anak-anak yang harus bekerja sebelum waktunya dan lebih parahnya lagi apabila mereka tidak dapat dibina, mereka akan tumpah di jalanan menjadi sampah masyarakat. Sekolah Master Indonesia, didirikan atas dasar rasa prihatin untuk menyelamatkan masa depan pendidikan anak-anak korban krisis ekonomi tahun 1998. Ketika itu pendirinya, Nurochim berkenalan dengan empat sarjana di Masjid Al-Muttaqien yang terletak di Terminal Depok. Bersama mereka kemudian pelan-pelan mengumpulkan orang yang ingin belajar. Mula-mula kegiatan ini berlangsung di masjid sehingga terkenal dengan nama Masjid Terminal atau Master. Sekolah Master Indonesia, telah terbukti dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dengan nilai-nilai religi sehingga anak didiknya atau komunitasnya menjadi manusia-manusia yang berkarakter. Pembelajaran yang berlangsung di Sekolah Master Indonesia meski minim fasilitas, ternyata tidak menghalangi prestasi…

Kepemimpinan Transformasi Dalam Pendidikan Islam
Pendidikan / 08/11/2019

Kepemimpinan Trasformasi merupakan gaya kepemimpinan yang menginspirasi dan memberdayakan individu, kelompok dan organisasi dengan cara mentransformasi paradigma dan nilai-nilai menuju kemandirian organisasi yang dipimpinnya. model kepemimpinan ini dianggap sebagai model kepemimpinan idel untuk terus dikembangkan di masa yang akan datang. Salah satu keunggulan dari model ini adalah menekankan pentingnya menggerakkan motivasi intrinsik yang terdapat pada setiap individu. Islam hadir dengan kesempurnaan ajarannya termasuk masalah kepemimpinan. Kesempurnaan ajaran Islam tergambar dari kesempurnaan kepemimpinan Rosulullah SAW., dalam menggerakkan kaum muslimin mengikuti ajaran Allah SWT dan diakui dunia keberhasilannya, hal ini terjadi karena Rosul mampu mentransformasi paradigma dan nilai-nilai universal. Bila pemimpin mampu menggerakkannya, maka hal ini sebagai modal utama dalam menumbuhkan budaya unggul dalam melaksanakan setiap tugas kependidikan. Buku ini diharapkan mampu memuaskan dahaga para pencari tipologi kepemimpinan yang ideal karena keefektifannya dalam mencapai tujuan yang telah disepakati.