Ketahanan Keluarga Muslim Dalam Penanggulangan Covid-19
Agama Islam , Pendidikan / 04/10/2021

Buku ini membahas upaya-upaya yang dilakukan masyarakat dalam pencegahan Covid-19 serta melakukan kegiatan untuk meminimalkan dampak COVID-19 dalam kehidupan masyarakat dilihat secara perpektif Ahwal Al Syakhsyiyyah. Diharapkan para sivitas akademisi dapat membaca kemudian menerapkan upaya upaya pencegahan dan peningkatan ketahanan ekonomi masyarakat melalui  berbagai kegiatan bisnis  dan kewirausahaan. Secara substansial isi buku ini disusun berdasarkan telaah literatur dan dokumen, diskusi serta pemikiran para ahli di bidang Ahwal Al Syakhsyiyyah. Buku ini terdiri dari kumpulan artikel hasil KKNGTM yang terdiri dari 18 topik penelitian yang mengangakat isue-isue tentang kewirausahaan yang berkembang pada masa pandemi COVID-19 serta upaya-upaya penanggulangan wabah COVID-19.  Semoga book chapter ini bermanfaat untuk jamaah kampus Universitas Ibn Khaldun Bogor, dosen, mahasiswa, mitra dan masyarakat luas.

Budaya Mutu Guru Madrasah Diniyah Takmiliyah Perspektif Kebijakan Pendidikan Nasional
Pendidikan / 20/08/2021

Semakin maju ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya, maka semakin tinggi dan kompetitif kebutuhan masyarakat terhadap mutu pendidikan. Untuk itu kehadiran Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) sebagai lembaga penyedia jasa pendidikan menjadi kebutuhan mutlak di  masyarakat. Seiring dengan kenyataan ini, maka tuntutan masyarakat terhadap budaya mutu guru MDT semakin tinggi sebagai tujuan utama dari aktivitasnya. Impelementasi kebijakan pendidikan yang mengarah pada perbaikan dan pengembangan lembaga MDT akan berdampak pada motivasi berprestasi para guru dalam rangka meningkatkan budaya mutu yang baik. Dengan demikian terciptanya budaya mutu yang baik harus ditingkatkan dengan berbagai macam upaya oleh pemerintah dengan berkoordinasi dengan Kementerian Agama di masing-masing daerah di Indonesia. Buku ini akan mendeskrisikan tentang budaya mutu guru MDT yang dapat dijadikan pedoman oleh pemerintah, para pengelola MDT, dan para guru sebagai komponen yang paling depan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran Bersama para siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah. Pembelian full document e-Book (PDF): Rp20.000,- klik BELI Pembelian full document e-Book (PDF): Rp20.000,- klik BELI    

Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dimasa Pandemi Covid-19 (Bookchapter)
Pendidikan , Teknologi / 15/08/2021

Berbagai upaya yang dilakukan masyarakat dalam pencegahan Covid-19 serta melakukan kegiatan untuk meminimalkan dampaknya dalam kehidupan masyarakat dilihat secara perspektif  Teknologi Pendidikan. Untuk hal tersebut ditawarkan kepada para pendidikguru dan siswa serta masyarakat dengan cara  pembelajaran berbasis teknologi informasi dimasa pandemi Covid-19. Dengan belajar seperti ini diharapkan dapat mencegah mencegah Covid-19 sekaligus dapat meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat melalui  berbagai kegiatan bisnis  dan kewirausahaan. Topik tulisan ini disusun berdasarkan telaah literatur dan dokumen, diskusi serta pemikiran para ahli di bidang  Teknologi Pendidikan. Secara substansial isi buku ini pun dapat diperbaharui dan disesuaikan dengan perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia sesuai dengan hasil  penelitian yang mengangakat isue-isue tentang kewirausahaan yang berkembang pada masa pandemi Covid-19 serta upaya-upaya penanggulangannya melalui pembelajaran berbasis teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan oleh dosen, mahasiswa, mitra dan masyarakat.

Edukasi Pencegahan Covid-19 Melalui Upaya-Upaya Kreatif dan Produktif
Pendidikan / 15/08/2021

Berbagai upaya yang dilakukan masyarakat dalam pencegahan Covid-19 serta melakukan kegiatan untuk meminimalkan dampaknya dalam kehidupan masyarakat dilihat secara perpektif Pendidikan Luar Sekolah sebagai upaya-upaya kreatif dan produktif dalam pencegahan Covid-19 dan peningkatan ketahanan ekonomi masyarakat melalui  berbagai kegiatan bisnis  dan kewirausahaan. Berdasarkan telaah literatur dan dokumen, diskusi serta pemikiran para ahli di bidang Pendidikan Luar Sekolah sebagai salah satu yang dapat dilakukan oleh sivitas akademik bersama masyarakat. Secara substansil,  isi buku ini pun dapat diperbaharui dan disesuaikan dengan perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia. Topi artikel ini hasil Kuliah Kerja Nyata Gagasan Tertulis Mandiri (KKNGTM) yang dilakukan melalui survey dalam penelitian yang mengangakat isue-isue tentang kewirausahaan yang berkembang pada masa pandemi COVID-19 serta upaya-upaya penanggulangannya yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen pembimbing Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor beserta mitra dan masyarakat diberbagai daerah.

Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Daring Dimasa Pandemi Covid-19 (Bookchapter)
Bahasa , Pendidikan / 15/08/2021

Pembelajaran Bahasa Inggeris melalui sistem daring yang dilakukan oleh guru dan siswa, selain untuk memproses belajar dan mengajar juga sebagai upaya-upaya yang dilakukan masyarakat dalam pencegahan Covid-19 serta melakukan kegiatan untuk meminimalkan dampaknya dalam kehidupan masyarakat dilihat secara perpektif  Pendidikan Bahasa Inggris. Upaya-upaya pencegahan dan peningkatan ketahanan ekonomi masyarakat ini juga dilakukan melalui  berbagai kegiatan bisnis  dan kewirausahaan. Artikel ini disusun berdasarkan telaah literatur dan dokumen, diskusi serta pemikiran para ahli di bidang Pendidikan Bahasa Inggris pun dapat diperbaharui dan disesuaikan dengan perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia. Artikel hasil KKNGTM yang terdiri dari berbagai topik hasil penelitian ini mengangakat isue-isue tentang Pendidikan Bahasa Inggeris secara daring yang dilakukan oleh siswa bersama para guru, juga mengangkat issue-isue kewirausahaan yang berkembang pada masa pandemi COVID-19 yang dilakukan oleh para orangtua siswa untuk mempertahankan perekonomian sebagai salah satu penunjang belajar siswa.

Modul Pembelajaran Micro Teaching
Pendidikan / 11/01/2021

Modul Pembelajaran Micro Teaching  ini merupakan modul tercetak dan elektronik yang dapat digunakan dalam pembelajaran di dalam kelas oleh Dosen Bersama mahasiswa maupun untuk pembelajaran mandiri bagi mahasiswa.  Modul ini didesain menggunakan pendekatan model picture and picture  untuk membantu pembelajaran mahasiswa terutama mahasiswa berkebutuhan khusus.  Modul ini juga dirancang hypercontent, yang di dalamnya terdapat link dan QR Code untuk mengakses konten-konten pembelajaran lain yang tersedia. Penerapan metode ini di dalam kelas, ternyata mampu mengembangkan perilaku guru dalam lingkungan belajar secara baik. Metode Micro Teaching dapat digunakan untuk berbagai fungsi di berbagai jenjang dari pendidikan calon guru, pengangkatan guru, dan in-service program. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, seorang calon guru harus mampu menguasai materi pengajaran dan tata kelola sebuah kelas dalam proses pembelajaran. Penguasaan ini diperoleh melalui latihan-latihan yang dilakukan oleh guru dan praktik langsung di lapangan bagi calon guru. Kegiatan ini dikenal dengan istilah Micro Teaching  atau pembelajaran mikro.

Pembelajaran Islam Terpadu SMA Dwiwarna Boarding School
Pendidikan / 02/11/2020

Buku ini merupakan Praktik Profesi Keguruan yang dilaksanakan oleh mahasiswai/i  Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor di SMA Dwiwarna Boarding School. Sebagai sekolah dengan model boarding, tentunya sangat bervariasi sistem manajerialnya. Banyaknya unsur serta faktor yang melingkupi dijadikan sebagai perlombaan untuk menunjukkan keunggulan lembaga tersebut khususnya dalam pembelajaran Agama Islam. Semua itu harus dipandang dari sisi positifnya sebagai fastabiqul khoirat. Karena setiap kebijakan yang diambil pasti telah dipertimbangkan segala kelebihan berikut kekurangannya. Plus minus itulah ciri sebuah sistem yang tidak pernah mutlak atau absolut kebenarannya. Berbagai pengalaman yang dialami oleh mahasiswa/i selama praktik mengajar dalam pendidikan agama Islam itu menjadi pengalaman tersendiri seperti yang dituangkan dalam testimoninya. Demikian pun, banyak hal positif yang dapat dijadikan pembelajaran secara timbal balik antara siswa yang menerima pelajaran agama Islam dari mahasiswa/i sebagai sebuah pencerahan baru.

Media Presentasi Pengganti Powerpoint
Pendidikan / 05/09/2020

Media Presentasi merupakan sebuah alat penyampaian yang sangat penting bagi semua kalangan, terutama untuk guru, dosen atau pun mahasiswa di lingkup pendidikan. Media presentasi yang baik dan menarik menjadi kunci dari sebuah informasi dan komunikasi terhadap komunikator dengan audiensnya. Mengikuti perkembangan zaman yang selalu dituntut untuk menjadi maju yang memanfaatkan digital dan elektronik, tentunya banyak pembaharuan media presentasi yang sebelumnya ada. Ragam media presentasi yang dapat digunakan selain PowerPoint dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing seperti Prezi, Sparkol-Videoscribe, Powtoon, Vyond-Goanimate, Focusky, Slidedog, Emaze, dan Phet. Dengan menggunakan beragam media presentasi ini diharapkan seorang komunikator dapat menyampaikan pesan secara jelas, aktif, dan rinci untuk memotivasi audiens.

Model Bimbingan & Konseling Karir Bagi Siswa Sma Sederajat
Pendidikan / 20/08/2020

Pengangguran merupakan angkatan kerja yang belum mendapat kesempatan bekerja, tetapi sedang mencari pekerjaan atau orang yang tidak mencari pekerjaan karena merasa tidak mungkin memperoleh pekerjaan. Saat ini pengangguran di Indonesia meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan efek dari kemajuan teknologi. Bimbingan dan konseling karir adalah salah satu layanan terintegrasi dengan dunia pendidikan dan sangat berperan dalam merencanakan karir dalam hal ini minat, hobi dan cita-cita bagi peserta didik. Sehingga diperlukan model yang tepat agar dapat mencegah terjadinya pengangguran dan mampu mengoptimalisasi potensi dalam pembangunan negara. Penelitian ini dirancang untuk menemukan model bimbingan dan konseling karir yang tepat untuk peserta didik dalam merencanakan karirnya dengan matang. Model ini meliputi: tujuan layanan, materi layanan, metode dan teknik layanan, media layanan dan evaluasi layanan secara konseptual. Buku ini sangat berguna bagi para Konselor atau Guru Bimbingan Konseling untuk memberi bimbingan karir pada siswa SMA Ketika lulus sekolah untuk menghadapi pangsa kerja.

Komitmen Guru Terhadap Peningkatan Kinerja Sekolah
Pendidikan / 12/06/2020

Komitmen guru terhadap peningkatan kinerja sekolah  merupakan salah satu jaminan untuk menjaga kelangsungan organisasi sekolah. Guru dalam hal ini sangat berperan penting untuk mencapai pendidikan yang berkualitas. Peran guru tidak hanya menyampaikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik tetapi juga berperan sebagai administrator pendidikan, seperti melaksanakan proses pengarahan, pendelegasian sesuatu secara personal, spiritual, maupun material yang menyangkut pencapaian tujuan pendidikan yang berkualitas. Dalam pengelolaan sekolah, guru selain sebagai pelaksanaan proses belajar mengajar tetapi juga harus berpartisipasi dalam organisasi sekolah agar tercapai tujuan sekolah yang lebih unggul. Dengan demikian, guru dituntut harus berperilaku dan memiliki sikap kerja yang berperan aktif terhadap pencapaian tujuan sekolah melalui budaya kerja, kepemimpinan transformatif, komitmen organisasi, dan kepuasan kerja. Buku ini layak dibaca oleh para pejabat pendidikan dasar dan menengah, kepala sekolah, pengawas sekolah, dan para guru sebagai pendidik untuk membangun komitmen guru dalam meningkatkan kinerja sekolah.