Pedoman Penulisan Tesis Program Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor
Pedoman / 12/04/2020

Buku pedoman ini adalah salah satu bekal bagi mahasiswa Program Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Bogor dalam penyusunan penulisan TESIS. Harapan kami, pedoman ini dapat mempermudah mahasiswa sehingga studinya dapat diselesaikan dalam waktu yang relatif cepat dengan kualitas yang baik. Selain keharusan untuk bekerja dan berpikir keras untuk penyelesaian TESIS, mahasiswa juga diharapkan bersungguh-sungguh dalam berdoa meminta pertolongan pada Allah SWT, agar diberikan kemampuan dan kemudahan dalam penyusunan TESIS. Akhirnya, kepada Tim penyusun kami ucapkan terima kasih danpenghargaan setinggi-tingginya atas kerja kerasnya sehingga buku pedoman inidapat terwujud dan semoga pedoman ini dapat bermanfaat bagi seluruhkhusus mahasiswa Program Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor dalam menyusun tesis yang baik.

Petunjuk Pelaksanaan KKN Tematik Terintegrasi Universitas Ibn Khaldun Bogor
Pedoman / 12/04/2019

Mahasiswa adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang diharapkan menjadi SDM yang berkualitas, yang mampu menciptakan bukan saja nilai komparatif, tetapi juga nilai kompetitif, generatif dan inovatif dengan mengoptimalkan energi tertinggi yang dimilikinya seperti intelegensia, kreativitas dan imaginasi. Untuk menjadi SDM berkualitas, KKN merupakan kegiatan yang dapat menumbuhkan nilai-nilai tersebut karena KKN merupakan pembelajaran di luar kampus dimana mahasiswa berada ditengah-tengah masyarakat, juga melalui KKN diharapkan mahasiswa mampu membantu dan mendampingi masyarakat untuk dapat memanfaatkan potensi yang ada dan dapat mengatasi permasalahan. Sedangkan KKN bagi masyarakat yakni untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dengan berperan aktif dalam mengembangkan produktifitas sumber daya pembangunan sesuai dengan fasilitas yang dimiliki. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Ibn Khaldun Bogor sebagai penyelenggara sangat diperlukan membuat petunjuk pelaksanaan KKN Tematik Terintegrasi Universitas Ibn Khaldun Bogor, sebagai acuan untuk mahasiswa, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan panitia dalam melaksanakan KKN di Kabupaten Bogor. Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Terintegrasi UIKA Bogor, dalam rangka membantu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan percepatan pembangunan dalam masyarakat terutama di Kabupaten Bogor. Untuk itu, kami berharap semoga petunjuk pelaksanaan KKN ini dapat bermanfaat dalam pelaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sesuai yang diharapkan.

Pedoman Akademik Universitas Ibn Khaldun Bogor
Pedoman / 11/11/2018

Pedoman Akademik ini merupakan penyempurnaan atas pedoman akademik yang ada dengan beberapa perubahan yang dilakukan sesuai dengan tuntutan perubahan ke depan. Dengan terbitnya buku pedoman akademik ini, kami berharap: Menjadi rujukan bagi setiap program studi untuk menjabarkan kegiatan akademik baik yang bersifat pendidikan, penelitian, maupun pengabdian pada masyarakat (Tri Dharma Perguruan Tinggi); UIKA Bogor melihat tantangan ke depan yang lebih kompleks, sehingga penataan akademik yang lebih professional menjadi sebuah keharusan. Panduan akademik ini ke depan jelas memerlukan peninjauan kembali sesuai dengan tuntutan kebutuhan; Dalam menyongsong reakreditasi institusi, maka berbagai pedoman dibutuhkan sebagai wujud penjabaran dari standar nasional pendidikan, terlebih dengan diberlakukannya undang-undang nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi; Kepercayaan publik terhadap suatu lulusan perguruan tinggi tidak akan terlepas dari proses penyelenggaraan pendidikan itu sendiri, dan buku pedoman akademik ini merupakan bagian dari sistem dalam memproses mahasiswa menjadi lulusan sesuai dengan yang diharapkan. Akhirnya, semoga pedoman akademik ini bermanfaat dan membawa perubahan yang berarti demi kemajuan almamater dimasa yang akan datang.

Pedoman Penilaian Jabatan Akademik Dosen UIKA Bogor
Pedoman / 22/03/2018

Fungsi pengelolaan sumberdaya manusia yang berada dibawah tanggung jawab Direktorat Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ditjen Sumber Daya pak Iptek dan Dikti, SDID) berdampak pada berubahnya mekanisme pengadministrasian dan penilaian usulan kenaikan Jabatan Akademik Dosen dari sistem offline menjadi online (paperless). Sebagai konsekuensinya, seluruh dokumen karya ilmiah dosen baik artikel dalam jurnal, prosiding, atau karya dosen lainnya harus dapat ditelusuri secara online oleh Tim Penilai Jabatan Akademik Dosen. Buku ini disusun untuk membantu mengurai standar, tata cara, dan prosedur penilaian jabatan akademik dosen untuk kenaikan jabatan fungsional. Sebagaimana dimaklumi terdapat empat jenjang jabatan fungsional dosen yaitu; Asisten Ahli, Lektor, Lektor Kepala dan Guru Besar. Masing-masing jenjang memiliki persyaratan-persyaratan yang wajib dipenuhi oleh setiap dosen yang akan mengajukan kepangkatannya. Dengan adanya buku ini, diharapkan setiap dosen khususnya di lingkungan Universitas Ibn Khaldun Bogor dapat memahami berbagai persyaratan yang dibutuhkan untuk mengurus kepangkatannya. Sehingga mereka dapat mempersiapkan diri untuk memperoleh jabatan fungsional tertinggi. Buku ini juga akan menjadi pedoman bagi pimpinan universitas, fakultas dan program studi serta tim penilai jabatan akademik dosen di lingkungan Universitas Ibn Khaldun Bogor dalam melakukan penilaian. Oleh karena itu, semua pihak agar bisa menggunakan buku ini sebaik mungkin.

Pedoman Menghafal Al-Quran
Pedoman / 22/03/2018

PEDOMAN MENGHAFAL AL-QURAN, merupakan buku how to; tatacara praktis, cepat tepat, dan mudah dalam menghafal al-Quran. Munculnya para hafidzul-Quran, selain memberi nilai-nilai keislaman pada dirinya sendiri, juga pada kehidupan umat manusia lainnya. Nuansa kehidupan tersebut karena eksistensi Al-Quran merupakan wujud rahmat Allah yang telah diwahyukan sebagai mu’jizat bagi rasul dan umatnya. Sebagai mu’jizat, Al-Quran sangat mudah dibaca, dihafal, dikaji bahkan diamalkan isinya (QS.Al-Qamar/54:17). Karena mujizat/kemudahan Al-Quran itulah, banyak para cendikiawan termasuk orientalis yang belajar, menghafal dan mengkaji Al-Quran secara serius, akhirnya mereka yang masuk Islam. Keseriusan para pengkaji Al-Quran banyak menemukan kepuasan dalam studinya, karena isi kandungan Al-Quran yang sempurna itu di dalamnya mengandung ajaran tauihd, fiqih dan akhlak, Al-Quran juga mengungkapkan teori dan praktek keilmuan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan kehidupan manusia secara pisik, pisikis, sosial dan lain sebagainya (QS.Al- Imran/3:38). Membaca, menghafal, mempelajari, menjelaskan, memahami dan mengamalkan serta mendakwahkan Al-Quran merupakan salah satu tugas umat Islam agar mengajak semua generasi dari waktu kewaktu untuk selalu patuh kepada aturan Al-Quran. Tujuannya agar semua umat di dunia meraih rahmat dan nikmat di bawah naungan Al-Quran. Karena itu bagi hamba Allah yang mencintai Al-Quran disertai usahanya yang sungguh-sungguh untuk membaca, menghafal, mengkaji, memahami, mengamalkan dan mendakwahkannya akan menjadi hamba pilihan Allah…