Metadata Indikator Kinerja Utama (IKU) BKKBN Tahun 2021
Laporan / 09/09/2021

Pengukuran IKU BKKBN tahun 2021 bersumber dari hasil Pendataan Keluarga (PK 2021). Pendataan Keluarga adalah sensus terhadap keluarga Indonesia yang dilakukan setiap 5 (lima) tahun. Dikarenakan pandemi covid-19, Pendataan Keluarga yang sejogjanya dilakukan pada tahun 2020 ditunda pelaksanaannya menjadi tahun 2021. Target Pendataan Keluarga 2021 berjumlah 71.482.499 keluarga. Sebelumnya BKKBN melakukan penghitungan IKU setiap tahun melalui survei. Metadata IKU merupakan dokumen acuan atas pengukuran 9 (sembilan) indikator kinerja utama BKKBN sebagaimana tertera dalam Peraturan BKKBN nomor 6 tahun 2020 tentang Rencana Strategis BKKBN tahun 2020-2024. Metadata IKU disusun untuk memberikan pengertian dan pemahaman atas sembilan IKU dimaksud kepada setiap pemangku kepentingan, stakeholder dan mitra kerja sehingga dapat digunakan sebagai rujukan untuk perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi baik di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten dan kota.

Survei Reformasi Birokrasi Persepsi Pelayanan Publik Persepsi Anti Korupsi di Lingkungan BKKBN
Laporan / 15/08/2021

Reformasi Birokrasi (RB) telah menjadi kebijakan nasional sejak diterbitkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 15 tahun 2008 tentang Pedoman Umum Reformasi Birokrasi. Penataan birokrasi menjadi agenda utama dalam reformasi birokrasi, karena kualitas birokrat inilah yang menentukan berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh sektor publik. RB di BKKBN merumuskan sasaran, yakni: (1) Birokrasi yang bersih dan akuntabel, (2) Birokrasi yang efektif dan efisien dan (3) Birokrasi yang memiliki pelayanan publik yang berkualitas. Untuk mengetahui kemajuan pelaksanaan RB di BKKBN, dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya, dengan memberikan prioritas pada pelayanan publik yang profesional, Pusat Penelitian dan Pengembangan Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera BKKBN melaksanakan Survei Penilaian Reformasi Birokrasi, Persepsi Kepuasan Pelayanan Publik dan Persepsi Anti Korupsi secara internal dan eksternal yang sudah dilaksanakan secara rutin sejak tahun 2014. Survei Penilaian Reformasi Birokrasi, Persepsi Kepuasan Pelayanan Publik dan Persepsi Anti Korupsi di lingkungan BKKBN dilaksanakan untuk mengetahui gambaran penilaian reformasi birokrasi, kepuasan pelayanan publik dan persepsi anti korupsi di BKKBN.

Profile Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ibn Khaldun Bogor (Laporan Kinerja Periode 2016-2020)
Laporan / 09/08/2020

Buku Profile Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor ini merupakan laporan kinerja LPPM periode 2016 – 2020. Buku ini disusun berdasarkan program dan kegiatan yang meliputi: (1) penelitian, (2) pengabdian kepada masyarakat, (3) program kreativitas mahasiswa, (4) penerbitan buku, (5) penerbitan jurnal pengabdian dosen dan mahasiswa, (6) penerbitan hak kekayaan intelektual dan paten, (7) hibah artikel pada jurnal terakreditasi, (8) perjanjian kerjasama, (9) uji kompetensi penulis buku, (10) bimbingan teknis DPRD Provinsi/ Kabupaten/Kota, dan (11) ranking sinta. Dari berbagai program dan kegiatan tersebut menunjukkan kinerja LPPM-UIKA Bogor dalam berusaha menjalankan tugas dan fungsinya untuk menyumbangkan sedikit pemikiran sehingga UIKA Bogor mendapat predikat Terakreditasi “B” tahun 2016. Pada tahun 2019 UIKA Bogor masuk ke dalam 100 Besar Perguruan Tinggi Terbaik di tingkat Nasional dengan ranking ke-99 dari 4.691 perguruan tinggi di Indonesia. Kinerja penelitian LPPM naik kelas dari KLUSTER BINAAN meningkat ke KLUSTER MADYA pada tahun 2019. Demikian juga Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) naik kelas dari KLUSTER Ke-5 meningkat ke KLUSTER Ke-4 tahun 2019. Pencapaian kinerja ini tentu saja atas kerjasama dan sinergitas antara rektorat, dekanat, lembaga, biro, program studi, pusat studi, dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan yang ada di lingkungan UIKA Bogor.

Laporan Pertanggungjawaban Rektor Universitas Ibn Khaldun Bogor Masa Bhakti 2016 – 2020
Laporan / 09/08/2020

Buku Laporan Pertanggungjawaban Rektor UIKA Bogor ini merupakan Laporan Kinerja Rektor Masa Bhakti 2016-2020. Buku ini disusun berdasarkan Capaian Kinerja Utama sesuai Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi (IAPT 3.0), khususnya Pasal 1 butir 2(d) terkait Panduan Penyusunan Laporan Kinerja Perguruan Tinggi. Beberapa indikator kinerja tersebut dikelompokkan ke dalam (1) Capaian Kinerja Bidang Akademik dan Tridharma Perguruan Tinggi, (2) Capaian Bidang keuangan dan Sumberdaya, (3) Capaian Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, serta (4) Capaian Bidang Kerjasama Kelembagaan. Setidaknya terdapat beberapa prestasi Rektor yang dapat dijadikan sebagai milestone pengembangan Universitas Ibn Khaldun ke depan, di antaranya: (1) UIKA masuk peringkat 100 Kampus Terbaik versi Kemenristekdikti Tahun 2019 (ranking 99 dari 4.691 perguruan tinggi di indonesia), demikian juga FAI sebagai Fakultas Agama Islam Terbaik Periode 2016-2019; (2) UIKA meraih Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) B pada Tahun 2016; (3) UIKA meraih juara II Lomba Inovasi Se Jabar-Banten; (4) UIKA secara berkala melaksanakan KKN Internasional dengan mengirim mahasiswa ke Thailand serta pertukaran pelajar ke Malaysia, Singapura dan Rusia; (5) UIKA memberikan beasiswa penuh hingga lulus u/ mahasiswa Tahfidz Al-Qur’an; (6) UIKA berhasil mewujudkan 18 Jurnal Ilmiah Terakreditasi Sinta; (7) UIKA telah berhasil mendorong Klaster…