Pendidikan Qur’an di Masjid Kampung Siglap Singapura
Agama Islam / 23/11/2022

Sebagai wujud keberadaan Masjid kampung Siglap yang telah menyelenggarakan pendidikan al-Qur’an, para-alumni merupakan bukti nyata pelaksanaan kegiatan tersebut. Para alumni atau bekas murid yang pernah belajar di Masjid Kampung Siglap pun telah Berjaya dan bekerja di berbagai Instansi yang berada di Singapura. Diantara alumni yang dapat memberikan kesaksian adalah Suryadi, beliau menyampaikan bahwa setiap sesi pembelajaran modul dijalankan secara dalam talian dan ini sangat memudahkan para pelajar yang tinggal jauh dari Masjid Kampung Siglap. Sehingga tetap dapat belajar dengan baik dan maksimal. Adapun topik yang diajarkan seputar ulumul qur’an, tajwid dan juga masalah fiqh baik classic hingga fiqh kontemporer. Namun demikian, beliau juga menyarankan untuk diadakan seminar ulumul qur’an bagi masyarakat islam Singapura secara umum supaya ramai dan dapat meraih manfaat dari ilmu tersebut. Sama halnya yang disampikan oleh Nazurah, bahwa pembelajaran yang dijalankan selama 8 minggu bagi setiap modul yang diadakan namun mendapat manfaat ilmu yang lebih banyak. Dan juga, walaupun mengambil masa selama 2 jam untuk setiap sesinya, pembelajaran berlangsung dalam talian sangat menyenangkan. Dari itulah beliau menyarankan agar mengadakan kursus-kursus al-Qur’an secara dalam talian bagi masyarakat secara umum dan tidak hanya terkait di Masjid Kampung Siglap sahaja, namun dapat lebih ramai manfaat ilmu al-Qur’an. Kemudian Nurul Sarah…

Meraih Cita Menabur Cinta
Agama Islam / 03/11/2022

Islam hadir ke muka bumi diawali dengan ajaran literasi dengan perintah membaca (iqra`) yang penuh makna (hikmah). Semangat literasi dalam pendidikan dan dakwah menjadi motivasi bagi setiap gerakan perubahan dan kemajuan di tengah umat Islam dari zaman ke zaman. Semangat membaca dan menulis tersebut harus terus ditanamkan, dipupuk dan dikembangkan sehingga melahirkan generasi yang gemar membaca dan menulis serta mengajar. Sebab, tahapan inilah yang menjadi pintu masuknya ilmu pengetahuan dan teknologi yang akan membawa perubahan bagi kehidupan. Bahkan, cinta yang tumbuh dan bersemai dalam hati, juga selalu diawali dengan literasi. Cinta yang berwujud dalam keindahan dan kerinduan kepada orang terkasih, awalnya juga tumbul di dalam kalbu seseorang, lalu dituangkan lewat tulisan dan diungkapkan dengan lisan. Memang, cita dan cinta tidak cukup diungkapkan hanya didasari kemampuan membaca dan menulis serta menyampaikannya, akan tetapi diperlukan seni atau perasaan yang lembut dalam hati agar ungkapan atau narasi tersebut menjadi indah dan menarik. Intinya, literasi tidak pernah lepas dari setiap langkah manusia meraih cita dan menebarkan cinta, hingga apa yang diimpikan dapat terwujud menjadi kenyataan sesuai dengan harapan. 

Materi Dakwah Islamiyah Dalam Pembelajaran Agama Islam
Agama Islam / 18/10/2022

Dakwah secara terminologis dalam syariat Islam digunakan untuk beberapa pengertian dari perspektif penyebaran maupun dalam aplikasi materi dakwah dalam kehidupan. Namun demikian penertian dakwah secara umum untuk mengajak manusia menerima petunjuk-petunjuk atau pesan Ilahi yang bersumber dari al-Qur’an maupun yang disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam bentuk perkataan, perbuatan maupun ketetapannya. Dalam konteks ini  dakwah tersebut merupakan kewajiban setiap Muslim, bukan suatu pekerjaan yang sifatnya boleh atau tidak dilakukan, sebab esensi dakwah mengajak manusia menuju jalan yang lurus (shirath al-mustaqim) untuk memperoleh hidayah Allah melalui berbagai materi dakwah salah satunya dalam bentuk pembelajaran agama Islam. Secara substansil buku ini mengandung materi dakwah Islamiyah dalam pembelajaran agama Islam,  meliputi: thaharah, shalat, shiyam, zakat, haji, munakahat, dan sebagainya disertai dalil-dalil dari Al-Quran, As-Sunnah, dan Ijma`.

PENDIDIKAN SHALAT KHUSYUK DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA
Agama Islam / 19/09/2022

Dalam perspektif pendidikan agama Islam, ibadah apa pun yang dilaksanakan harus dilandasi dengan perintah yang bersumber dari al-Quran dan as-Sunnah. Untuk mencapai kekhusyuan di dalam shalat ternyata dapat dilakukan melalui pembelajaran dengan metode praktik secara langsung. Dalam praktiknya metode pendidikan shalat khusyuk yang dapat dilatihkan secara sistimatis bagi siapa pun yang menginginkan untuk melaksanakan shalat khusyuk. Shalat lima waktu terutama yang diwajibkan itu jika dilaksanakan tanpa adanya kekhusyuan tidak memiliki nilai apa pun dalam pandangan Allah karena tidak mencapai tujuan dan tidak memiliki manfaat bagi dirinya dan orang lain. Setiap manusia mempunyai kemampuan psikhis secara bathiniah sebagai bekal untuk menghadapi berbagai tantangan dalam menjalani kehidupan, tetapi seringkali tidak pernah serius untuk menggali dan mengembang-kannya yang berakibat sering terjadi kebingungan disaat ada masalah mempengaruhi perasaan. Kegelisahan dan kecemasan dibiarkan mendera sampai akhirnya menyebabkan sakit dan depresi. Kemampuan dan potensi yang ada itu sebenarnya dapat diatur dan dikembangkan dengan metode dan teknik pendidikan shalat khusyuk sebagai meditasi islamy. Selama ini shalat khusyuk dianggap sebagai sesuatu yang memberatkan bagi pelakunya, karena kebanyakan tidak mengetahui dan belum merasakan ketinggian nilai spiritual yang ada di dalam shalat khusyuk yang disebutkan Allah sebagai pemenang.  

Guru-Guru Kehidupan (Bunga Rampai Kebajikan VI)
Agama Islam / 14/02/2022

GURU-GURU KEHIDUPAN: Bunga Rampai Kebajikan VI menjelaskan tentang karakter guru sebagai guru kehidupan. Dalam Islam profesi guru sejalan dengan misi kenabian yakni mengajak dan mendidik manusia agar mengenal dan mengabdi hanya kepada Allah subhanahuwata`ala, yang dihiasi dengan akhlak karimah. Dalam al-Quran, S.62: 2, dijelaskan: “Dialah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang Rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan mereka Kitab dan Hikmah (As Sunnah). Dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata”. Hal ini berarti seorang guru adalah pribadi yang suka membaca (tilawah) lalu menyucikan diri segala penyakit hati (tazkiyyatun nafs), mengajar (ta`lim), dan terus berupaya merenungi makna terdalam dari setiap kejadian yang melahirkan kearifan (hikmah).

Membangun Kemandirian Umat Percikan Pemikiran di Bidang Pendidikan, Ekonomi, Politik, Dakwah, Sosial dan Budaya
Agama Islam , Biografi , Motivasi / 17/10/2021

Buku berjudul “Membangun Kemandirian Umat” adalah buku karya Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin, MS yang berisi tentang kumpulan artikel yang meliputi bidang keislaman dan keindonesiaan, penguatan iman dan akhlak mulia, dakwah dan keberpihakan kepada umat, pendidikan Islam dan perbaikan masyarakat, ekonomi syariah dan keberpihakan kepada kaum lemah (mustadh’afin), politik dan kepemimpinan umat, sosial kemasyarakat dan penyelesaian problematika umat, keluargan dan penguatan masyarakat dan hikmah kehidupan. Bagian pertama merupakan upaya penguatan iman dan akhlak mulia mencakup materi tentang akhlak mulia berdasarkan ajaran agama, amalan-amalan yang utama dalam Islam, beberapa perilaku buruk yang harus dihindari dalam kehidupan, dimensi keimanan dalam ibadah Haji dan Qurban, fungsi utama al-Qur’an, hakikat hidup seorang muslim, hiasan taqwa serta man dan rasa malu. Bagian kedua yang berisi tentang keislaman dan keindonesiaan meliputi hakikat kemerdekaan dalam pandangan ajaran Islam, hijrah dan kemerdekaan, membangun karakter bangsa, mengisi kemerdekaan dengan semangat hijrah, menguatkan karakter prasangka baik anak bangsa, mengundang rahmat dan pertolongan Allah SWT, menjadi bangsa yang jujur dan cerdas, new normal-langkah baru mengawali hari kemenangan, peran agama dalam kehidupan berdemokrasi dan bangsa yang religius. Bagian ketiga tentang dakwah dan keberpihakan terhadap umat meliputi kajian dakwah Islam, dakwah melalui pendidikan, kompetensi utama para da’I, membangun budaya usaha di kalangan kader…

Ketahanan Keluarga Muslim Dalam Penanggulangan Covid-19
Agama Islam , Pendidikan / 04/10/2021

Buku ini membahas upaya-upaya yang dilakukan masyarakat dalam pencegahan Covid-19 serta melakukan kegiatan untuk meminimalkan dampak COVID-19 dalam kehidupan masyarakat dilihat secara perpektif Ahwal Al Syakhsyiyyah. Diharapkan para sivitas akademisi dapat membaca kemudian menerapkan upaya upaya pencegahan dan peningkatan ketahanan ekonomi masyarakat melalui  berbagai kegiatan bisnis  dan kewirausahaan. Secara substansial isi buku ini disusun berdasarkan telaah literatur dan dokumen, diskusi serta pemikiran para ahli di bidang Ahwal Al Syakhsyiyyah. Buku ini terdiri dari kumpulan artikel hasil KKNGTM yang terdiri dari 18 topik penelitian yang mengangakat isue-isue tentang kewirausahaan yang berkembang pada masa pandemi COVID-19 serta upaya-upaya penanggulangan wabah COVID-19.  Semoga book chapter ini bermanfaat untuk jamaah kampus Universitas Ibn Khaldun Bogor, dosen, mahasiswa, mitra dan masyarakat luas.

Pendidikan Agama Islam (Bahan Ajar Aqidah Akhlak) Jilid II- Akhlak
Agama Islam / 20/08/2021

Aqidah merupakan asas dalam melakukan berbagai kegiatan dalam kehidupan bagi seorang muslim, Aqidahlah yang menentukan perbuaan itu dapat berpahala atau tidak, ketiadaan aqidah dalam diri seseorang akan menjadikan dirinya lepas dari belenggu ritualitas keagamaan yang menjadikannya bebas melakukan hal apapun, tentu ini akan menjadikan seseorang sangatlah merugi dalam kehidupannya. Sedangkan akhlak merupakan perilaku kebiasaan yang muncul dalam merespon stimulus yang datang pada jiwa, perbuatan itu menjadi akhlak manakala menetap dan terbiasa dilakukan, jadi bukan perbuatan spontanitas semata, akhlak meruapakan cerminan diri seseorang semakin baik akhlaknya seseorang maka semakin baik tingkah lakunya. Dalam perspektif pengetahuan maka aqidah dan akhlak  sebagai penggerak perbuatan seseorang, dalam istilah umum sering disebutkan “aqidah sebagai akar dan akhlak sebagai buah”. Aqidah yang kuat akan menghantarkan seseorang pada perbuatan yang baik, dan sebaliknya munculnya perilaku yang buruk disebabkan karena aqidahnya lemah. Pembelian full document e-Book (PDF): Rp20.000,- klik BELI Pembelian full document e-Book (PDF): Rp20.000,- klik BELI

Pendidikan Agama Islam (Bahan Ajar Aqidah Akhlak) Jilid I-Aqidah
Agama Islam / 14/08/2021

Aqidah merupakan asas dalam melakukan berbagai kegiatan dalam kehidupan bagi seorang muslim, Aqidahlah yang menentukan perbuaan itu dapat berpahala atau tidak, ketiadaan aqidah dalam diri seseorang akan menjadikan dirinya lepas dari belenggu ritualitas keagamaan yang menjadikannya bebas melakukan hal apapun, tentu ini akan menjadikan seseorang sangatlah merugi dalam kehidupannya. Sedangkan akhlak merupakan perilaku kebiasaan yang muncul dalam merespon stimulus yang datang pada jiwa, perbuatan itu menjadi akhlak manakala menetap dan terbiasa dilakukan, jadi bukan perbuatan spontanitas semata, akhlak meruapakan cerminan diri seseorang semakin baik akhlaknya seseorang maka semakin baik tingkah lakunya. Dalam perspektif pengetahuan maka aqidah dan akhlak  sebagai penggerak perbuatan seseorang, dalam istilah umum sering disebutkan “aqidah sebagai akar dan akhlak sebagai buah”. Aqidah yang kuat akan menghantarkan seseorang pada perbuatan yang baik, dan sebaliknya munculnya perilaku yang buruk disebabkan karena aqidahnya lemah. Pembelian full document e-Book (PDF): Rp20.000,- klik BELI Pembelian full document e-Book (PDF): Rp20.000,- klik BELI

Ushul Fiqh Metode Penetapan Hukum Islam
Agama Islam / 24/03/2021

Ilmu Ushul Fiqh sebagai dasar dari fiqh Islam telah menjadi kajian utama umat Islam dalam memahami dimensi hukum dalam Islam. Perkembanganya yang fenomenal telah menarik perhatian berbagai kalangan untuk mengetahui lebih mendalam mengenai ilmu ini. Sebagai ilmu alat yang menjadi dasar bagi penetapan hukum dalam Islam sangat wajar ia adalah ilmu yang sangat mulia dalam Islam. Perubahan di tengah masyarakat yang terus terjadi mensicayakan adanya kajian lebih mendalam mengenai ilmu ini untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi. Sebagai contoh, perkembangan ekonomi Islam tidak mungkin terjadi tanpa adanya studi hukum Islam, oleh karena itu kajian mengenai Ushul Fiqh menjadi hal yang sangat urgen saat ini. Problematika kontemporer Hukum Islam akan dijawab secara tuntas oleh Ushul Fiqh sebagai alat dalam penetapan hukum Islam. Buku ini akan membahas mengenai Ilmu ushul fiqh sejak awal perkembangannya di Jazirah Arabia hingga ke Nusantara. Harapannya adalah umat Islam mampu memahami berbagai persoalan fiqh yang terjadi di masyarakat. Semoga kehadiran buku ini menjadi pelengkap bagi buku-buku tentang Ushul Fiqh yang sudah ada. Link Downlowd: Buku Ushul Fiqh Metode Penetapan Hukum Islam