Analisis Anggaran Dan Biaya Pelayanan Kesehatan Di Indonesia
Ekonomi & Bisnis / 01/12/2022

Pembangunan dalam aspek kesehatan juga tidak dapat dilepaskan dari berbagai masalah yang ada, seperti keterbatasan sumber daya manusia, keterbatasan sarana, keterbatasan dana, dan juga lingkungan politik yang tidak baik. Hal tersebut menyebabkan perlunya persiapan yang matang pada tahap awal atau perencanaan kegiatan untuk melakukan penanggulangan maupun pencegahan masalah kesehatan dengan melakukan pengurutan masalah sesuai prioritas agar dapat menjawab masalah yang ada seperti penyakit atau masalah kesehatan apa yang perlu di prioritaskan dalam jangka waktu tertentu didalam program kesehatan yang akan berjalan. Buku ini membahas tentang bagaimana menganalisis anggaran dan baya suatu pelayanan kesehatan di indonesia agar masalah yang telah diungkapkan dapat teratasi dengan baik.

Pembukuan Sederhana UMKM Dan Koperasi
Ekonomi & Bisnis / 30/11/2022

Menjalankan sebuah bisnis diperlukan ketelitian bahkan untuk hal-hal kecil, salah satunya adalah melakukan pembukuan sederhana. Pembukuan sederhana adalah proses pencatatan yang dilakukan secara teratur terkait informasi keuangan usaha.   Dengan melakukan pembukuan sederhana dapat memberikan informasi mengenai kondisi keuangan sehingga memudahkan dalam mengontrol biaya operasional usah serta mengurangi risiko kehilangan aset usaha. Selain itu juga dapat sebagai informasi dalam mentukan strategi untuk mengembangkan usaha. Buku Pembukuan Sederhana untuk UMKM dan Koperasi ini dibuat dengan menggabungkan antara teori dan studi kasus untuk Koperasi dan UMKM secara sederhana sehingga mudah dipahami. Harapannya, buku ini dapat memberikan insight bagi pengelola , pengurus, anggota koperasi serta pelaku UMKM.

Manajemen Keuangan Dan Akuntansi
Ekonomi & Bisnis / 29/11/2022

Sebagai sarana pengantar ilmu pengetahuan, buku Manajemen Keuangan dan Akuntasi disajikan dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dalam memahaminya oleh pembaca. Buku ini terdiri dari 8 (delapan) bab. Bab 1 menjelaskan secara lengkap pengertian, fungsi dan peranan manajemen keuangan.  Bab II membahas tentang laporan keuangan dan akuntansi. Bab III membahas likuiditas, solvabilitas dan rentabilitas. Bab IV membahas nilai waktu dari uang. Bab V membahas tentang struktur modal Bab VI membahas tentang dividen. Bab VII membahas tentang modal kerja dan Bab VII membahas tentang pasar modal. Kehadiran buku ini dapat memperkaya ilmu pengetahuan dan manfaat yang nyata di bidang Manajemen Keuangan dan Akuntansi.

Ekonomi Dan Manajemen Kesehatan (Sebuah Kajian Teori Dan Studi Empiris)
Ekonomi & Bisnis / 24/11/2022

Ilmu ekonomi kesehatan adalah penerapan ilmu ekonomi dalam upaya kesehatan dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal. Ekonomi kesehatan adalah studi mengenai permintaan dan penawaran dari sumber-sumber daya yang terlibat dalam perawatan kesehatan dan dampak perawatan kesehatan pada masyarakat Ekonomi kesehatan merupakan aplikasi ekonomi dalam bidang kesehatan. Secara umum ekonomi kesehatan akan berkonsentrasi pada industri kesehatan. Buku ini berisi tentang teori, konsep dan studi empiris pada sektor kesehatan.

Pajak Penghasilan Di Indonesia (Antara Teori Dan Praktik)
Ekonomi & Bisnis / 24/11/2022

Pajak merupakan iruran rakyat kepada kas negara berdasarkan peraturan perundang-undangan yang telah disepoakati Bersama, yakni pentelengara pemerintahan dan perwakilan rakyat yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang, dan tidak dapat imabalan secara langsung dan digunakan  untuk keperluan negara. Adapun PPH Pasal 21 merupakan pajak atas penghasilan berupa gaji, upah, hononarium, tunjangan dan pembayaran lain dengan nama dan bentuk apapun sehubungan dengan pekerjaan atau jabatan, jasa, dan kegiatan yang dilakukan oleh wajib pajak seorang pribadi dalam negeri.

Fundamental Of Strategic Communication: Multidimensional Approach In Reaching Organization-Based Communication
Ekonomi & Bisnis / 10/11/2022

Perkembangan komunikasi semakin berubah peran dan fungsinya. Hal ini dapat dipahami secara bersama agar dapat menciptakan keunggulan tersendiri bagi organisasi maupun perusahaan. Komunikasi berhubungan dengan peran pubic relation sebagai perantara dalam proses komunikasi dari perusahaan ke klien ataupun masyarakat. Media tentunya mendukung proses komunikasi dengan adanya komunikasi yang komprehensif, profil public yang kuat serta dengan memberdayakan sosial media dalam membangun komunikasi strategis. Perencanaan komunikasi strategis didukung adanya piramida perencanaan komunikasi yang meliputi pembahasan terkait nilai infrastruktur komunikasi, pembangunan tujuan, target komunikasi, audiens, kerangka komunikasi yang digunakan serta pesan yang ingin disampaikan. Kanal komunikasi internal memaparkan bagaimana pentingnya komunikasi internal, contoh kanal komunikasi internal serta penggunaan sosial media. Dalam hal ini perlu membangun organisasi yang berbasis komunikasi sehingga tiap-tiap pesan, informasi, prinsip serta nilai-nilai perusahaan dapat tersampaikan dengan baik sehingga dapat tercipta harmonisasi yang mengantarkan organisasi untuk mencapai visi dan misinya.

Akuntansi Syariah Untuk Institusi Keuangan dan Bisnis Syariah
Ekonomi & Bisnis / 07/11/2022

Akuntansi Syariah memberikan gambaran perihal sejarah awal, PSAK, teori dan konsep akuntansi syariah di Indonesia Akuntansi Syariah tidak hanya memberikan teori dan konsep akuntansi syariah, namun juga memberikan beberapa transaksi syariah, perbankan syariah dan asuransi syariah. Sistematika buku ini dari Bab I sampai Bab VII, dimulai dari sejarah awal akuntansi syariah, kerangka teori akuntansi syariah, konsep, laba, basis dan tujuan akuntansi syariah, PSAK akuntansi syariah, akuntansi mudharabah, akuntansi musyarakah, akuntansi murabahah. Pembahasan berikutnya pada Bab VIII sampai Bab XV, tentang akuntansi salam, akuntansi istisna, akuntansi ijarah, akuntansi penghimpun dana, akuntansi dana zakat, kebajikan, pinjaman qardh, laporan keuangan perbankan. Gagasan utama dari buku ini adalah memberikan panduan kepada pengusaha untuk melakukan manajemen pembukuan syariah dengan benar, dan bisa berguna hasil laporannya untuk internal dan external. Namun demikian buku ini senantiasa memperhatikan ketentuan Pedoman Standard Akuntansi Keuangan (PSAK) yang terbaru.

AKUNTANSI DAN NEW SIMKA UNIVERSITAS IBN KHALDUN BOGOR
Ekonomi & Bisnis / 04/10/2022

Buku Akuntansi dan New SIMKA Universitas Ibn Khaldun Bogor dibuat untuk memberikan gambaran mengenai siklus dari pencatatan transaksi keuangan sehingga menghasilkan informasi keuangan yang relevan dalam bentuk laporan keuangan dan rasio keuangan yang sesuai dengan ISAK 35 dan SAK EP baik dalam bentuk pencatatan manual dan pencatatan dengan sistem informasi keuangan dan akuntansi (NewSIMKA). Informasi keuangan yang dimaksud meliputi informasi mengenai: jumlah dan sifat aset; liabilitas dan aset neto; pengaruh transaksi dan peristiwa lain yang mengubah nilai dan aset neto; jenis dan jumlah arus masuk dan keluar sumber daya dalam satu periode dan hubungan antar keduanya yaitu cara mendapatkan, membelanjakan kas, memperoleh pinjaman dan faktor lain yang berpengaruh terhadap likuiditasnya. Sistem informasi akuntansi dapat memudahkan dalam pengelolaan keuangan Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor karena merupakan organisasi dari formulir, catatan, dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa sehingga dapat menyediakan informasi keuangan. Unsur sistem akuntansi yang pokok adalah formulir serta catatan yang terdiri dari jurnal, buku pembantu dan laporan. Oleh karena itu, suatu sistem akuntansi harus terdiri dari jaringan atau prosedur-prosedur, sedangkan prosedur merupakan urut-urutan kegiatan klerikal. Dan kegiatan klerikal akan terdiri dari kegiatan yang dilakukan untuk mencatat informasi dalam formulir, buku jurnal seperti menulis, menggandakan, menghitung, memberi kode, mendaftar, memilih, memindah…

Perspektif Ekonomi Dalam Pelaksanaan Evaluasi Proyek
Ekonomi & Bisnis / 31/12/2021

Buku Perspektif Ekonomi dalam Pelaksanaan Evaluasi Proyek ini dituliskan dengan tujuan membantu pemerintah, kreditur, investor, perusahaan dan akademisi dalam mempelajari alur siklus proyek mulai perhitungan kelayakannya dan evaluasi atas proyek salah satunya nya pada sector publisk..didalam buku ini memuat Aspek  Teknis dan Teknologis, Pilihan Lokasi dan Letak Proyek, Aspek Sumber Daya Manusia, Penyusunan Jadwal Kegiatan Pembangunan Proyek, Aspek Keuangan Studi Kelayakan Proyek. Sumber Dana Jangka Menengah – Panjang, Analisis profitabilitas rencana pembangunan proyek, Risiko Investasi Proyek, Studi Kelayakan Proyek Sektor Publik, Pemecahan Masalah Terkait Kelayakan Proyek, dilengkapi dengan beberapa analisis kasus terkait Kasus yang sedang berjalan dan akan dilaksanakan oleh pemerintah diantaranya  Mass Rapid Transit (MRT) yang merupakan proyek Nasional dalam rangka pembangunan transportasi yang bertujuan pada pemenuhan kebutuhan fasilitas publik bagi masyarakat, studi kasus lainnya  mencoba menganalisis kelayakan masterplan Kawasan Industri perikanan Kota Tarakan dari segi aspek finansial dan segi ekonominya. Analisis risiko Kawasan pembangunan meikarta juga menjadi kasus yang menarik untuk diperdalam siklus evaluasi proyeknya sehingga dipercaya buku ini dapat memperkuat analisis dan menjadi pertimbangan pemangku kebijakan dalam menetapkan jenis proyek yang akan dijalankan  

Makro Dan Mikro Prudential
Ekonomi & Bisnis / 31/12/2021

Buku Makro dan Mikro Prudential ini disusun melalui pemikiran yang dilandasai kebutuhan dan aspek kebijakan, analisis kebijakan yang konsentrasinya utamanya terwujudnya stabilitas system keuangan Indonesia yang baik dimana Bank Indonesia sebagai otoritas macro Pridential  terfokus pada pengelolaan perilaku komponen sistem keuangan dan perubahan selera risiko sektor keuangan NKRI secara menyeluruh (overall risk appetite) sementara OJK sebagai otoritas micro prudential terfokus pada konsentrasi risiko pada setiap lembaga keuangan, yaitu risiko setiap bank atau bukan bank. didalam buku ini dibahas hal terkait Makro Prudensial VS Mikro Prudensial, Referensi Kerangka Kebijakan Makroprudensial di Bank Indonesia, Strategi Operasional Implementasi Makroprudensial di Bank Indonesia, Benchmarking negara negara lain dalam kebijakan makro prudensial, Indikator-indikator macro prudential, Pengawasan sistem keuangan NKRI dan ASEAN dan Pendirian Dewan Risiko sistemik ASEAN, Penerapan kerangka Basel III, Manajemen risiko bank, Risiko pasar dan pengukuran risiko pasar dan paling penting kaitan nya dengan mikro prudential adalah Pengujian stress pada bank, kelebihan buku ini memiliki analisis kuat pada evaluasi dan pembahasan pada kasus macro dan mikro prudential dan dapat digunakan sebagai bahan referensi bagi pembacanya